Berita

Gedung dan Peralatan Laboratorium Baru, Polbangtan Gowa Gelar Workshop Penggunaan Alat Laboratorium

Posted by:

Kampus II Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa merupakan kampus yang berdiri pada tahun 2019 bertempat di Desa Mappesangkan, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone yang memiliki gedung baru, salah satunya yaitu gedung laboratorium terpadu. 

Sebanyak 42 orang peserta dari Polbangtan Gowa yang terdiri dari dosen, calon dosen, PLP, dan Calon PLP melakukan kegiatan workshop penggunaan peralatan laboratorium terpadu bertempat di Kampus II Polbangtan Gowa selama 3 hari 24-26 September 2020. 

Laboratorium Terpadu di Kampus II Polbangtan Gowa terdiri dari 6 laboratorium yaitu laboratorium kesehatan hewan, laboratorium nutrisi dan makanan ternak, laboratorium teknologi hasil ternak, laboratorium komputer, laboratorium bioteknologi, dan laboratorium penyuluhan. 

Kegiatan ini yang dimaksudkan untuk mengikuti workshop penggunaan alat yang bertujuan untuk membekali peserta workshop berupa wawasan tentang pengenalan dan cara kerja alat laboratorium dalam rangka pelaksanaan pendidikan dan penelitian mahasiswa maupun pegawai yang terdiri dari materi dan praktek alat laboratorium Polbangtan Gowa dengan mendatangkan 2 teknisi dari PT. Syawalindo Jakarta yakni Ardhian Solichin dan Toat,  teknisi dari PT. Wahyu Utama Jakarta yakni Wiwik Setyaji, teknisi dari PT. Indo Lab Utama yakni Sulfikar Muhammad, teknisi dari PT. Wira Star yakni Hendri, dan teknisi dari Jakarta Instal alat laboratorium yakni Muhammad Haris Burbaya.

Pada lab. kesehatan hewan dengan penanggung jawab yaitu drh. Sartika Jurwita, M. Kes/Ali Ma’shum, S. ST, M. Si, alat laboratorium terdiri dari Mikroskop, PCR real time, AAS, Sentrifuge, Inkubator, USG, Water bath shaker, laminar air flow, dan meja operasi.

Lab. Nutrisi dan makanan ternak dengan penanggung jawab yaitu Dr. Mihrani, S. Pt., M. P/ Soraya Faradila, S. Pt., M. Si/Tutik Lusyta Aulyani, S. Pt., M. SC, alat laboratorium terdiri dari fume hood (lemari asam), alat analisis serat kasar, alat destruksi protein, alat distilasi protein, tanur, dan oven nutrisi.

Lab. teknologi hasil ternak dengan penanggung jawab yaitu Dr. Muhammad Taufik, S. Pt., M. Si./Andi Triana, S. ST., M. Si, alat laboratorium terdiri dari vacuum sealing system,water bath shaker, colony counter, incubator, oven, spray drying, meat tenderness tester, pH meter, pencetak bakso, ice cream maker, freeze drying, meat slicer, pencampur adonan bakso, yolk egg, dan viscometer.

Setelah semua materi dan praktek dilakukan yang dilakukan selama 3 hari, diharapkan peserta workshop dapat memahami cara kerja dan mampu melakukan fungsi teknis alat laboratorium (UNI).

0
  Related Posts
  • No related posts found.