Berita

Geliat Kampus II Polbangtan Gowa di Kabupaten Bone Hasilkan Cemilan Sehat Berkualitas

Posted by:

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak generasi milenial untuk menjadi bagian dari pembangunan pertanian. Menurutnya, kekayaaan sumber daya alam di Indonesia membuka peluang bisnis pertanian yang luas untuk digarap kaum milenial.

“Semangat muda yang dimiliki kaum milenial harus menjadi dorongan postitif bagi pembangunan pertanian Indonesia, terutama dalam peningkatan ekspor pertanian yang akan memengaruhi perekonomian negara,” ungkap SYL.

Lebih lanjut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPPSDMP) Dedi Nusyamsi mengatakan bahwa tongkat estafet pembangunan pertanian ada di pundak generasi milenial. “Generasi milenial memiliki ciri berpikir strategis, inspiratif, inovatif, energik, antusias, dan fasih mengadopsi teknologi digital dalam beragam aspek bisnis sehingga mampu menjadi pembawa pembaruan dalam pembangunan pertanian,” ujarnya.

Bertempat di gedung laboratorium teknologi hasil ternak, Kampus II Polbangtan Gowa, Kabupaten Bone. Ibu Andi Triana membuat produk dari hasil olahan susu yaitu susuku’ma dan ice cream rodeo, Senin (29/04).

Susuku’ma dan ice cream rodeo merupakan produk olahan dari susu. Susuku’ma yakni susu rasa kurma ditambahkan dengan madu sedangkan ice cream rodeo terdiri dari 2 varian yaitu vanila dan cokelat.

Es krim dan minuman campuran dari susu masuk kategori kudapan atau camilan manis dan dapat dijadikan sebagai salah satu camilan yang dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Beberapa manfaat susu antara lain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Belum lagi manfaat lainnya yang bahkan bisa mencegah kanker usus atau menetralisir racun. Tetapi banyak orang tak menyukai susu segar lantara alasan rasa dan lebih memilih untuk mengonsumsi susu kemasan karena rasanya lebih enak.

Namun susu mudah rusak atau basi sehingga perlu dimodifikasi menjadi es krim dan minuman olahan lainnya. Harga jual susu segar yang relatif murah, daya tahannya sebentar, dan pada waktu hari libur sekolah atau saat musim hujan. susu sering tidak laku bahkan terbuang begitu saja, sehingga ini menjadi penyebab terbatasnya pemasaran. Oleh karena itu, Andi Triana melakukan inovasi membuat ice cream dan susu kurma + madu serta membuat packingannya dengan kemasan yang lebih menarik agar dapat menarik perhatian para pembelinya.

Selain dua produk dari olahan susu tersebut, kami juga berencana untuk membuat olahan produk lainnya seperti dari olahan telur yaitu abon telur dan olahan daging dengan membuat produk dalam wujud bakso milenial” ujarnya.

Selanjutnya Triana menambahkan “berlian akan berharga setelah digosok dan diubah dari bentuk aslinya. Begitu pula harapan kami dengan adanya pengolahan susu ini menjadi produk Susuku’ Ma dan ice cream ke depannya bisa lebih laris dipasaran”.

Diharapkan dari adanya dua produk hasil olahan Polbangtan ini dapat menjadi motivasi bagi pegawai maupun mahasiswa Polbangtan Gowa untuk menciptakan produk baru dalam mengembangkan produk hasil peternakan sehingga dapat menjadi motivasi usaha yang terus menerus dan berkesinambungan (uni).

0
  Related Posts
  • No related posts found.