Berita

Praktikum teknologi benih di screenhouse Polbangtan Gowa

Posted by:

Bertempat dilahan praktik, mahasiswa Polbangtan Gowa dari tingkat I kelas F jurusan budidaya hortikultura melakukan praktikum tentang teknologi benih.

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan setelah menerima materi diruang kelas. Agar supaya mahasiswa bisa memahami dan mempraktikkan langsung, maka praktik ini diadakan di laboratorium screen house dan green house, sebagai bagian dari peningkatan keterampilan mahasiswa.

Pada kegiatan ini, mahasiswa dibimbing langsung oleh 4 dosen ahli yakni Ir. Abdul rahman Arinong, MP, Ir. Arman, MP, Ir. Faisal Hamzah, MP dan Ramli, SP., MP. Materi yang disajikan pada praktik ini diawali dengan pengayakan media tanam, pengisian media ke dalam Trey persemaian, persemaian benih ke dalam Trey dan pengisian media tanam kedalam koker.untuk persiapan benih yang tumbuh di trey atau transplantin.

Iskandar Rivai, S.ST yang ikut membimbing langsung mahaiswa tersebut mengatakan bahwa tujuan dari praktik ini adalah mahasiswa dapat mengetahui apa itu benih masih berupa biji yang terseleksi atau berlabel, tahu cara persemaian benih, bisa membedakan antara bibit yang sudah tumbuh dan sudah siap ditanam dibedengan atau lahan yang sudah di siapkan. Pembiakan tanaman secara vegetatif seperti stek, menyambung, mencangkok dan okulasi, juga diajarkan di laboratorium screen house. (MUZ).

0
  Related Posts