Berita

PWMP dan YESS Merupakan Sebuah Kesemptan Besar bagi Generasi Muda Pertanian

Posted by:

Generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Hal ini menjadi tantangan yang dihadapi oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Untuk itu, berbagai program pun diluncurkan guna mendorong lahirnya egenerasi petani, salah satunya melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support (YESS).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, saat ini generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Dan meyakini tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda.  Menteri SYL melanjtkan, Program PWMP yang dihadirkan Kementan diharapkan bisa mencetak generasi milenial menjadi seorang petani atau mendirikan start up di bidang pertanian. Kaum milenial mulai sadar bahwa pertanian adalah tambang emas tanpa batas jangka panjang. Ke depannya, generasi muda pertanian bukanlah pekerja bidang pertanian, tetapi menjadi pelaku usaha pertanian.

Dedi Nursyamsi, juga melanjutkan, jika sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia. “Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” jelas Dedi.

“Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS) yang dikembangkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) kementerian pertanian, bertujuan mengembangkan sumberdaya manusia pertanian, dengan memberdayakan pemuda tani dalam memanfaatkan sumberdaya alam pertanian di pedesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan. Hal ini  kami siapkan akan dalam menghadapi era milenial,” ungkap Kepala Pusat Pendidikan, BPPSDMP, Idha Widi Arsanti.

Program YESS dilaksanakan sebagai program pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di perdesaan melalui fasilitasi dan bimbingan kepada generasi muda. Proyek yang didanai oleh International Fund For Agricultural Development (IFAD) ini bertujuan untuk menghasilkan wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Dalam mendukung program ini, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Program Youth Entreprenuership And Employment Support Services (YESS) PPIU untuk Wilayah Sulawesi Selatan.

Rakor ini dilaksanakan di Hotel Four Points Makassar yang dihadiri 35 peserta dari mahasiswa Polbangtan Gowa, dose sebagai pembimbing PWMP. Sabtu (19/09).

Dr. Ir. Syaifuddin, MP, selaku Direktur Polbangtan Gowa secara langsung membuka rakor didampingi Ir. Hermaya Rukka, M.Si, selaku penanggung jawab Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS) PPIU Sulawesi Selatan.

Syaifuddin dalam arahannya, mengharapkan agar pelaksanaan PWMP dapat mengalami peningkatan dari tahun-tahun selanjutnya. “Program PWMP adalah sebuah kesempatan besar bagi para generasi muda pertanian khususnya bagi mahasiswa Polbangtan Gowa, untuk bisa terjun langsung ke dalam dunia usaha dan juga dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi mereka. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya PWMP ini akan membawa negara kita menjadi negara maju dengan angka enterpreneur yang tinggi seperti negara-negara maju lainnya” ucapnya . 

Materi yang disajikan pada rakor ini, yakni Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan pada Pemuda Millenial, Progres Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS) PPIU Sulawesi Selatan, Sosialisasi Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS), Revolusi Agribisnis dan Peternak Millenial yang Handal dan Mandiri.

Mahasiswanya Polbangtan Gowa, nantinya akan diberi bantuan bea siswa sebagai modal awal dalam mengembangkan jiwa wirausahanya. Mereka juga dibekali dengan materi yang pada umumnya membahas tentang apa itu Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS) dengan harapan bantuan yang diberikan bisa dikelolah semaksimal mungkin oleh mahasiswa.

0
  Related Posts
  • No related posts found.