Berita

Resmikan Prasarana Polbangtan Gowa, Mentan Harap Jadi Mesin Cetak Petani Milenial

Posted by:

GOWA, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan sarana dan prasana yang baru saja dibangun oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, Rabu (29/7/2020).

Mantan Gubernur Sulsel dua periode itu, menaruh harapan besar agar kampus tersebut menjadi mesin pencetak petani milenial sesuai perkembangan zaman saat ini.

Ia ingin agar para pelajar yang menyelesaikan studinya di kampus tersebut menjadi petani yang tidak saja mengandalkan teknologi pertanian yang kian pesat perkembangannya, tapi juga menghadirkan berbagai terobosan.
“Tetapi juga menciptakan manajemen pertanian yang matang pada penerapannya, dengan mengendepankan terobosan yang efektif agar kemandirian pangan kita dapat tercapai,” jelasnya.

Baginya, peran pertanian sangat penting terutama di tengah pandemi ini, agar masyarakat Indonesia tidak merasakan kelaparan akibat ketidakcukupan pangan yang tersedia.
“Makanya lagi-lagi terobosan petani milenial yang dicetak oleh kampus ini nantinya yang sangat kita harapkan,” tambahnya.
Dengan menggodok petani milenial ini, kata dia, maka penyelenggara pertanian hebat tentu akan lahir dengan sendirinya. Petani yang matang dan profesional dalam menggarap lahan.

“Jika dulunya petani menggarap lahan satu hektare dalam empat hari, maka sekarang kita mau petani kita bisa menggarap lahan sebanyak 4 hektare dalam sehari. Beginilah kira-kira gambaran petani milenial yang kita inginkan,” lanjutnya.

Untuk mendukung itu, kata SYL, ia siap membantu Polbangtan dengan menghadirkan guru pertanian yang berasal dari negara maju dalam pertanian untuk membantu mencetak petani milenial.

“Saya mau agar negara yang kita anggap maju dalam pertanian kita adopsi ilmunya. Saya mau kita ambil orang dari Taiwan sana untuk menjadi guru di sini, sehingga ilmu-ilmu yang mereka terapkan di sana bisa kita tiru,” ungkapnya.(*)

0
  Related Posts
  • No related posts found.