Karma Responsive WordPress Theme

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa adalah perguruan tinggi dilingkungan Kementerian Pertanian yang menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dengan metode teaching factory dalam berbagai rumpun ilmu terapan yang bertujuan untuk mendukung pembangunan pertanian.

SPP/SPMA

Berawal dari SPP-SPMA Negeri Gowa tahun (1976-1987).

Diklat APP

berganti menjadi Diklat APP Gowa (1987-1993). Kemudian pada Tahun 1993 sampai Tahun 2002 lembaga ini memberikan peluang bagi para Penyuluh untuk mengikuti pendidikan jenjang Diploma III pada Akademi Penyuluh Pertanian (APP) Gowa.

STPP Gowa

Pada Tahun 2002, Akademi Penyuluh Pertanian (APP) Gowa berganti strata menjadi Diploma IV diikuti dengan perubahan lembaga menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa dengan memberikan layanan pendidikan pada Program Studi Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan.


Tahun 2018, tepat pada 25 Juni 2018 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa resmi mengalami transformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa dengan berdasar pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25/Permentan/OT.020/5/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pembanguna Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 36/Permentan/SM.220/8/2018 tentang Statuta Politeknik Pembangunan Pertanian.

Untuk Program Studi, sesuai SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 188/KPT/I/2018, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa menyelenggarakan 4 (empat) Program Studi yaitu Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dengan jenjang Diploma IV Sarjana Terapan. Untuk jenjang Diploma III terdapat Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura dan Budidaya Ternak.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa yang pertama adalah Dr. Ir. Syaifuddin, MP. Pelantikan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 781/Kpts/KP.230/11/2018 tanggal 9 November 2018 tentang Pengangkatan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian.