Berita

306 Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikuti Yudisium

Posted by:

Untuk menghasilkan petani milenial berkualitas, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa menggelar Yudisium di Ruang Rapat Polbangtan Gowa. Proses pembacaan keputusan keluluasan itu dilaksanakan secara virtual dan diikuti 306 mahasiswa, Rabu, 25 Agustus 2021.

Hal ini sejalan dengan upaya regenerasi petani yang targetkan Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo (SYL). Dalam 5 tahun mendatang, Kementan menargetkan dapat mencetak 2,5 juta petani pengusaha milenial.

“Generasi milenial harus didukung untuk memanjukan sektor pertanian sebagai penerus bangsa khususnya di bidang pertanian,” tutur Mentan SYL.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian adalah dengan mengoptimalkan kinerja dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan yang berada dalam naungannya.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menyebutkan, melalui Politeknik Pembangunan Pertanian dan juga Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia, BPPSDMP memberi kesempatan pada setiap generasi muda pertanian untuk kreatif dan inovatif.

Sementara yudisium yang dilakukan Polbangtan Gowa diikuti 306 mahasiswa secara virtual. Terdiri dari 65 mahasiswa Prodi Budidaya Tanaman Hortikultura, 117 mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, 58 mahasiswa Prodi Budidaya Ternak, dan 66 mahasiswa Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan selanjutnya akan mengikuti wisuda Angkatan III Tahun Akademik 2020/2021.

Direktur Polbangtan Gowa, dalam sambutannya menyampaikan proses ini merupakan sahnya mahasiswa menjadi seorang sarjana. Diharapakan mahasiswa yang memperoleh ilmunya lepas bangku kuliah dapat menerapkan ilmunya kepada masyarakat khususnya di bidang petani dan peternakan.

“Diharapkan kepada lulusan mampu menjawab tantangan di era 4.0 ini sehingga dapat menerapkan ilmunya kepada masyarakat serta dapat menjadi job seeker dan job creator dengan daya juang yang tinggi dengan mengoptimalkan teknologi informasi (IT), mekanisasi dan Intenet of think (IoT)” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Polbangtan Gowa, Wakil Direktur I, II, dan III, Ketua, Sekretaris, dan anggota Senat serta mahasiswa melalui aplikasi zoom. Terakhir, prosesi yudisium ini menjadi bagian akhir sebelum mahasiswa menerapkan teori yang sudah diperolehnya kepada masyarakat.

0
  Related Posts
  • No related posts found.