Berita

Bersama Inseminator Pengalaman di Enrekang, Mahasiswa Polbangtan Gowa Laksanakan IB Untuk Meningkatkan Populasi Sapi

Posted by:

Dalam upaya mendukung program kementan untuk swasembada daging, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa pada kegiatan pendampingan pada komoditas strategis pertanian yang terintegrasi dengan kegiatan Praktik Kerja Lapangan mengimplementasikan kegiatan Inseminasi Buatan (IB) dilokasi PKL. Sabtu (19/03).

Kegiatan PKL merupakan rangkaian proses belajar mahasiswa pada kenyataan langsung dilapangan. Mahasiswa magang yang berlokasi di Kecamatan Anggeraja Kab. Enrekang berkesempatan belajar IB pada ternak Sapi Bali, Sapi FH maupun Ternak Kerbau bersama Bapak Daryatmo yang merupakan Inseminator selama kurang lebih 30 tahun menjadi inseminator di Kabupaten Enrekang.

“Kami betul betul diajarkan bagaimana cara melakukan IB yang benar dan sesuai dengan prosedur, mulai dari tahapan semen harus dicairkan (Thawing), Straw dimasukkan kedalam Gun, hingga semen disemprotkan ke badan uterus” ujar Uvy, salah satu mahasiswa Polbangtan Gowa peserta PKL.

Bahkan kami diberbagai kesempatan diberikan waktu untuk mempraktekkan secara langsung proses IB ini. Kami melakukan aktifitas dimana kami merasa seperti didunia kerja kami nantinya.

Teknik inseminasi buatan pada sapi ini bertujuan untuk memperbaiki mutu genetika ternak, meningkatkan angka kelahiran secara teratur dan cepat, mengoptimalkan pengguna pejantan unggul dalam jangka waktu lama dan mencegah penyebaran penyakit kelamin dan ini salah satu upaya untuk meningkatkan populasi dan produktivitas ternak sapi.

Inseminasi Buatan (IB) adalah usaha manusia (inseminator) dalam memasukkan sperma atau semen ke dalam saluran reproduksi betina dengan menggunakan alat inseminasi dengan tujuan agar ternak (sapi, domba, kerbau dll) tersebut menjadi bunting. (UVY/MUZ).

0
  Related Posts
  • No related posts found.