Berita

Bupati Sumba Tengah Apresiasi Keterlibatan Mahasiswa Polbangtan di Lokasi Food Estate

Posted by:

Keterlibatan mahasiswa Polbangtan di lokasi Food Estate Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah. Dengan dukungan tersebut, produktivitas di Food Estate diharapkan bisa meningkat serta menjaga stabiitas ketahanan pangan negara.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pengembangan kawasan pangan hortikultura menjadi salah satu program super priotas Kementerian Pertanian (Kementan) di Food Estate.

Komoditas utama yang dikembangkan meliputi kentang sebagai bahan baku industri, bawang merah dan bawang putih.

“Proyek Food Estate bertujuan mengoptimalkan lahan-lahan potensi sehingga dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian yang diharapkan harga jualnya bisa lebih tinggi,” ujar Mentan SYL.

Mentan berkomitmen akan memaksimalkan semua aspek agar pendampingan yang diberikan terhadap petani di Food Estate bisa berjalan maksimal, salah satunya lewat pembentukan Tim Pendampingan/Detasharing Food Estate.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, meminta kepada para seluruh insan pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani.

“Tak hanya penyuluh pertanian yang selalu mendampingi petani, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) pun turut serta pendamping petani,” katanya.

Sebanyak 30 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa terlibat dalam pendampingan food estate pada periode pertama pada bulan April hingga Juli mendatang.

Pendampingan juga diintergrasikan dengan Praktik Kerja Lapang (PKL) II, dilakukan selama 40 hari sebagai penerapan program merdeka belajar dan kampus merdeka yang merupakan program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Salah satu kegiatan mahasiswa di lokasi adalah membantu petani untuk turut meningkatkan produksi, seperti hari ini Selasa, 15 Juni 2021 kami Mahasiswa Polbangtan Gowa Posko 1 Pertanian Maju, bersama Bupati Sumba Tengah, Camat Katikuna Selatan, Kepala Desa Tana Modu, Koordinator BPP Prai Au dan penyuluh beserta kelompok tani turun kelapangan menanam bibit cabai dilahan petani,” ujar salah seorang mahasiswa, Grace.

Menurutnya, Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan semangat bapak Bupati Sumba Tengah dalam mendukung program Food Estate di Sumba Tengah dalam meningkatkan pendapatan serta kesejateraan petani.

Mahasiswa Polbangtan Gowa menjadi salah satu yang terlibat didalamnya dalam untuk membantu peningkatan pembangunan pertanian khusunya wilayah Food Estate.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong petani yang ada di Sumba Tengah agar lebih semangat dan gigih dalam melaksanakan budidaya baik tanaman pangan dan hortikultura demi menjadi lumbung pangan.

“Kegiatan penanaman bibit cabai ini dilakukan langsung oleh Bapak Bupati Sumba Tengah bersama dengan Penyuluh serta Mahasiswa Polbangtan Gowa tidak lupa dengan para petani yang ada. Keberadaan Bapak Bupati membuat petani sangat antusias dalam melaksanakan budidaya cabai di lahan tersebut,” tambah Grace.

Bupati Sumba Tengah, Paulus, menyambut positif kegiatan para mahasiswa.

“Adanya pendampingan dari penyuluh serta mahasiswa Polbangtan menjadi motovasi petani bawang merah didaerah kami untuk memanfaatkan lahan yang dulunya tidak terpakai menjadi lahan berproduktifitas khususnya dengan budidaya bawang merah,” kata Bupati.

0
  Related Posts
  • No related posts found.