Berita

Cetak Qualified Job Creator dan Job Seeker, Kementan Rangkul SMK

Posted by:

Untuk mencetak qualified job creator dan job seeker, Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, menjalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Garudayya Bontonompo.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin dan HJ. Tenri Yasin Limpo selaku Ketua Yayasan Perguruan Garudayya, 6 Sepember 2021.

Acara Penandatanganan MoU dilaksanakan di Ruang Direktur Polbangtan Gowa disaksikan langsung oleh para Wakil Direktur dan tim dari SMK Garudayya.

Kerja sama meliputi pelaksanaan kegiatan program kompetisi kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu adapula bentuk kegiatan lain seperti pertukaran mahasiswa, program magang, praktek dan pelatihan dibidang pertanian, serta kegiatan lain yang relevan dengan lingkup akademik Pendidikan vokasi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan empat faktor penentu keberhasilan pendidikan vokasi yang pertama adalah karakter yang tidak mudah menyerah dan memiliki jiwa yang tangguh. Kedua, kompetensi maka Polbangtan dan SMKPP harus menciptakan generasi milenial yang mampu bekerjasama dengan orang lain.

“Ketiga, memiliki sifat kritis baik pada dirinya, dengan lingkungan dan semua masalah yang dihadapi namun tetap sejalan dengan jiwa kebangsaan,” kata Mentan.

Ditambahkannya, faktor keempat adalah berfikir kreatif untuk berinovasi dengan meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar dan sarana prasarana melalui dunia digital.

“Transformasi pendidikan di sektor pertanian belumlah maksimal apabila hanya menyangkut kelembagaan, maka ada empat jurus jitu yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi yakni pengembangan keterampilan yang menyatukan intelektual sistem dengan manajemen praktis,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, menyatakan hal serupa.

“Kita berharap mahasiswa dapat lebih professional, berdaya daing dan berjiwa wirausaha. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM terus kita lakukan, termasuk pada petani milenial,” katanya.

Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kedatangan Ketua Yayasan Bersama.

“Kami sangat terbuka bagi siapapun untuk menjalin Kerjasama dengan Polbangtan Gowa. Kami siap membimbing siswa SMK untuk menjadi petani milenial, agar pertanian kita makin maju,mandiri dan modern,” tegasnya.

Tenri Yasin Limpo pun menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas terealisasinya penandatanganan Kerjasama ini, Berharap tindak lanjut dari kerjasama ini terus dikembangkan dalam membantu kesiapan SDM dari SMK Garudayya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.