Berita

Di Bantaeng, Mahasiswa Polbangtan Gowa Bersama Petani Turun Lapangan Untuk Pengambilan Ubinan

Posted by:

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa semester VI yakni Dian Meylani, Vina alviana, A. Erwin, Muh. Fitrah Galang Tualle, Rina Ladus melakukan kegiatan pengambilan ubinan dikarenakan adanya arahan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng untuk melakukan pengambilan sampel padi dengan metode ubinan agar dapat mengetahui jumlah Padi per/ha, dan dapat membantu Petani dalam menghadapi panen dan pasca panen, merencanakan pengangangkutan hasil panen sesuai dengan jumlah hasil produksi, serta berapa banyak hasil Produksi yang akan di pasarkan. (25/03).

Metode Ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen. Ubinan dapat diterapkan pada budidaya tanaman padi dengan cara sederhana, mengukur beberapa meter untuk dijadikannya tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil petakan sawah yang ingin kita ketahui hasilnya. Beberapa langkah kerja dalam proses pengambilan ubinan diantaranya; persiapan bahan dan alat, langkah pengerjaan dan pengambilan hasil.

Metode ubinan ini sederhana untuk di aplikasikan dilapangan. Ubinan adalah cara untuk mengatahui perkiraan hasil panen tanaman padi dan palawija melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan hasil. Kegiatan hari Sabtu, 21 Maret 2020 dilakukan pengambilan ubinan di sawah milik Ibu Sari Bulan dan Ibu Rusnawati. Kegiatan pengambilan ubinan dilaksanakan di Kelurahan Bonto Lebang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng.

Dr. Ir. Kartika Ekasari Z, M.Si, selaku dosen pembimbing menyatakan bahwa mahasiswa melakukan kegiatan tersebut berdasarkan Peninjauan/pengamatan langsung dilahan sawah milik petani. Mereka telah dibekali dengan teori dan praktik selama kegiatan perkuliahan di kampus dan berharap mahasiswa bisa membantu petani dalam merencanakan pada saat panen dan pasca panen juga dalam hal memperkirakan hasil produksinya, sehingga dengan kegiatan ini dapat membantu para petani. (MUZ)

0
  Related Posts
  • No related posts found.