Berita

Didukung Pemkab Wajo, Polbangtan Kementan Kembangkan Prodi Hortikultura

Posted by:

Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan) terus berbenah dalam menjawab tantangan Dunia Usaha Dunia Industri. Dalam penyiapan Sumberdaya Manusia (SDM) Pertanian yang handal, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, “Salah satu langkah mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern dengan membekali para generasi muda dengan kemapuan teknis dan manajerial bidang pertanian”.

Menanggapi arahan Mentan, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengajak seluruh Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian, baik Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) maupun Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia (PEPI) menjadi penerus tonggak pembangunan pertanian Indonesia.

“Kaum milenial umumnya cerdas, semangat, inovatif, pantang menyerah sampai dengan sukses. Untuk mencapai itu semua pendidikan vokasi perlu terhubunng dengan industri-industri,” rinci Kepala BPPSDMP Kementan. Tujuannya agar lulusan mampu menjawab kebutuhan industri dan siap menjadi bagian dari industri pertanian.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Wajo yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Wajo (17/06).

Dalam sambutan saat menbuke kegiatan, Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin menyampaikan tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman yaitu untuk mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi dan juga sebagai tinda lanjut dari rencana pengembangan program studi hortikultura Polbangtan Gowa di Kabupaten Wajo.

“Kami memberikan apresiasi kepada bapak Bupati Wajo beserta jajaran atas kerjasamanya yang baik dalam membangun sinergitas guna mewujudkan tujuan serta cita-cita bersama” ujarnya.

Sementara Amran Mahmud sebagai Bupati Wajo juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas atensi dan respon yang luar biasa kepada Polbangtan Gowa karena telah memfasilitasi pertemuan pemerintah Kabupaten Wajo dengan Menteri Pertanian dalam hal diskusi terkait rencana pengembangan potensi pertanian dan peternakan di Kabupaten Wajo yang merupakan salah satu penopang ketahanan pangan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Melalui forum ini juga saya menyampaikan harapan saya agar pengembangan program studi hortikultura dari Polbangtan Gowa dapat segera ditindaklanjuti dan direalisasikan. Kabupaten Wajo memiliki pontensi yang mumpuni baik potensi SDM maupun potensi sektor pertaniannya. Selain itu, kami juga memiliki kawasan pertanian terpadu yang nantinya dapat digunakan dalam mendukung proses penyelenggaraan pendidikan Polbangtan Gowa di Kabupaten Wajo nantinya” ujar Amran.

Ditambahkannya, Penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan tidak hanya sekedar di atas kertas saja tetapi dapat segera diakselerasikan dan direalisasikan utamanya pengawalan dalam hal pendirian Program Studi Hortikultura Polbangtan Gowa yang juga nantinya akan menjadi cikal bakal politeknik pembangunan pertanian di Kabupaten Wajo.

Lebih lanjut Bupati Wajo juga memberikan dukungan penuh terhadap program penyetaraan PPL dikarenakan program ini secara langsung mendukung pengembangan SDM serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Wajo.

0
  Related Posts
  • No related posts found.