Berita

Dorong Regenerasi Petani di Kabupaten Bulukumba, Kementan Laksanakan Openday

Posted by:

Kementerian Pertanian (Kementan) terus memaksimalkan program regenerasi petani termasuk di seluruh Indonesia tak terkecuali provinsi Sulawesi Selatan. Berbagai upaya dilakukan salah satu untuk menjaring minat generasi muda, Kementan melalui program YESS melaksanakan pameran produk pertanian “OPEN DAY PETANI MUDA MELENIAL di Dusun Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Kamis 24 Juni 2021.

Pameran menampilkan produk- produk pertanian selain dari SMKN 10 Bulukumba sebagai tuan rumah, juga ikut menjadi peserta beberapa SMK yang memiliki Jurusan Pertanian atau sejenisnya, seperti SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 8, dan SMKN 11 Bulukumba

Selain itu pameran pertanian ini di hadiri dan diramaikan juga oleh Dinas Pertanian, holtikultura dan Perkebunan, kelompok wanita, P4S, Dinas Ketahan Pangan, Polbangtan Gowa, dan Petani Muda Melenial yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Open Day secara resmi dibuka Wakil Bupati Bulukumba. Dalam sambutannya Wabup menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Kementan dan jajaran Cabdisdik Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, atas digelarnya kegiatan Pameran Produk Pertanian di SMKN 10 Bulukumba 24-25 Juni 2021.

Ia juga menyampaikan sangat setuju dengan digelarnya pameran produk pertanian ini. Karena dengan adanya kagiatan pameran ini merupakan salah upaya kita untuk mencoba mengarahkan anak-anak dan siswa kita untuk menjadi petani yang baik.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 yang melanda kita sekarang ini hanya pertanianlah yang bisa tetap eksis. Olehnya itu, kita harus merubah minzet masyarakat, kalau anak-anak mereka disekolahkan tinggi-tinggi jangan karena hanya ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tidak ingin menjadi petani yang baik.

“Kita berharap melalui kegiatan pameran produk pertanian ini masyarakat bisa sadar dan sepakat untuk sama-sama mendorong anak-anak mereka untuk memiliki kemampuan bertani yang baik mulai di jenjang pendidikan SMK, kalau perlu mulai dari pendidikan usia dini anak-anak kita sudah dibekali ilmu-ilmu pertanian yang baik,”tegasnya.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, regenerasi harus terus dilakukan, karena di tangan petani mudalah masa depan keberlanjutan ketahanan pangan di Indonesia.

“Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian, kita harus dapat mengubah paradigma mereka, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sungguh-sungguh, menanamkan kesadaran akan kebutuhan pangan nasional,” tutur Mentan SYL.

Mentan pun menambahkan saat ini banyak pemuda-pemuda terdidik yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. “Ini adalah contoh nyata bahwa pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan, apalagi ditunjang dengan mekanisasi dan inovasi pertanian yang menjadikan pertanian menjadi lebih modern dan menjanjikan”, tambahnya.

Sejalan dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa sektor pertanian merupakan lahan usaha yang sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional bahkan sektor pertanian tumbuh paling tinggi di masa pandemi ini.

“Sudah saatnya generasi muda untuk mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Terbukti banyak pemuda-pemuda terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian” ungkap Dedi.

Sementara Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Polbangtang) Gowa Syaifuddin menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para generasi milenial untuk menjadi petani serta wirausaha pertanian.

“Kegiatan yang mengusung tema ‘’ Petani Muda Milenial, Saatnya Bergerak Maju” ini dapat menjadi ajang pasar kerja bagi para pencari kerja dan pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja di bidang pertanian dan untuk mendukung jasa pertanian untuk ikut dan mewawancarai para pencari kerja di tempat”, jelasnya.

Selaku ketua panitia, Kepala UPT SMK negeri 10 Bulukumba, juga mengatakan pameran ini adalah program dari Kementan dalam mendukung regenerasi petani (program YESS). “Alhamdulillah kabupaten Bulukumba menjadi dalah satu dari 15 kabupaten seluruh Indonesia yang menjadi penerima program YESS”, tutupnya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.