Berita

Dr. Syaifuddin: AWR adalah bukti era pertanian yang maju, mandiri dan modern

Posted by:

Sektor pertanian harus gunakan cara-cara baru untuk dapat menghadirkan efektifitas dan efisiensi membangun pertanian, dan mencukupi kebutuhan pangan rakyat. KostraTani menjadi awal pembangunan pertanian dengan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi di era 4.0 untuk mendekatkan petani dengan teknologi modern.

Kementerian Pertanian (Kementan) melaunching Agriculture War Room (AWR) sebagai pusat data dan sistem kontrol pembangunan pertanian nasional berbasis teknologi. Sistem ini nantinya akan digunakan sebagai pemicu tumbuh kembangnya produksi diatas angka rata-rata.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengatakan, sistem AWR sudah dirancang secara multiguna, terutama dalam memantau kondisi pertanian di tingkat Kecamatan dan Desa. Terlebih petani juga tidak perlu membeli alat drone untuk melaporkan sawahnya kepada Kementerian pusat. Sistem ini nantinya akan digunakan sebagai pemicu tumbuh kembangnya produksi diatas angka rata-rata. (04/02).

Dr. Syaifuddin, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa hadir diruang Agriculture Operation Room (AOR) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan saat soft launching Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian.

Mentan SYL sapaan akrab menteri pertanian sudah membuktikan bahwa pertanian maju, mandiri dan modern itu bukan mimpi. Ini salah satu bukti bahwa hal itu segera terwujud. AWR salah satu bukti pertanian 4.0. Melalui AWR seluruh pergerakan alsintan dapat dipantau secara real-time, hujan, panen semuanya dapat dipantau dari ruangan AWR. Ini adalah wujud keseriusan kementan dalam membangun pertanian yang lebih maju, mandiri dan modern,” ungkapnya. (MUZ).

0
  Related Posts
  • No related posts found.