Berita

Dr. Syaifuddin: kita dan penyuluh harus punya strategi untuk menghadapi era 4.0

Posted by:

Era 4.0 tidak bisa dihindari, kita harus punya strategi agar kemajuan teknologi bisa diadaptasikan. Apa yang perlu kita persiapkan, tentunya peningkatan kualitas sumberdaya, sebab yang bisa maju adalah orang-orang yang menguasai teknologi.

Tapi yang terberat adalah kesiapan menghadapi perubahan itu sendiri. Mau tidak mau, siap tidak siap, ini sudah didepan mata. Tapi tentunya yang tersulit adalah merubah pola pikir.

Hal ini disampaikan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa pada pembukaan bimbingan teknik teknologi informasi untuk para penyuluh pertanian di hotel Remcy (3/3).

Penyuluh pertanian juga harus beradaptasi dengan perubahan teknologi. Penguasaan teknologi bagi penyuluh tentunya dapat berpengaruh ke pertanian kita. Misal dengan mahir menggunakan Drone dan citranya diolah lalu dapat memetakan lahan, hasilnya dianalisa, tentunya itu dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi, jelas Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa.

Dalam beberapa hari kedepan kami akan membantu para penyuluh untuk meningkatkan kompetensinya. Memanfaatkan smartphone untuk membuat video penyuluhan, melakukan video confrence agar terhubung ke Agriculture War Room (AWR) Kementan, teknik penelusuran web dan email, dan yang terakhir adalah memanfaatkan drone untuk pemetaan lahan.

Kami berharap ini dapat membantu penyuluh terutama dalam hal untuk mendukung program menteri pertanian yaitu Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang tentunya muaranya adalah peningkatan produksi, tutupnya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.