Berita

Gabungkan proses belajar-mengajar dengan menggunakan TI, Polbangtan Gowa gelar Workshop Implementasi Aplikasi Smart Campus

Posted by:

Ketergantungan akan teknologi saat ini merupakan sesuatu yang sulit dihindari dan sangat sulit dipisahkan pada era serba digital. Hal ini berdampak pada sistem pendidikan terutama di pendidikan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi di Indonesia mulai mererapkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam lingkungan kampus. Didorong dari seluruh civitas akademik di perguruan tinggi yang mengharapkan kenyamanan sehingga pentingnya peranan teknologi berbasis IT.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa menggelar Workshop Implementasi dan Asistensi Aplikasi Smart Campus bagi dosen, calon dosen, PLP dan Calon PLP Polbangtan Gowa. Workshop ini telah dilaksanakan selama 4 hari dimulai Tgl 27 s.d 30 bertempat di Hotel Ibis Style, Makassar. Kamis (30/01).

Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kerjasama mewakili Direktur Polbangtan Gowa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Smart Campus hadir akibat sistem yang menggunakan teknologi dan internet sebagai perantaranya. Smart campus adalah kampus yang memadukan, mengkombinasikan, menggabungkan dan mengimplementasikan proses belajar mengajar dengan menggunakan teknologi informasi,” tutur Dr. Kartika Ekasari Z, M.Si pada penutupan workshop Smart Campus.

Fifi Afiyah Waris, SP, selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Alumni ditempat terpisah menyampaikan bahwa peserta dari dosen, calon dosen PLP dan calon PLP, telah ikut dengan aktif pada kegiatan yang dilaksanakan. Selama 1 harı peserta dibekali dengen materi tentang cara pengaplikasian smart campus berikut item-item yang ada didalam aplikasi tersebut. Pada hari ke 2 dan 3, peserta diuji dihadapan narasumber untuk mengetahui sejauhmana peserta memahami dan mampu mengaplikasikan smart campus,” ungkapnya.

Zulfikar Sallu dan Muh. Fauzi Murtado (Programer) sebagaid narasumber workshop ini mengatakan bahwa penyebaran informasi melalui Smart campus di lingkungan kampus akan lebih cepat dan lebih luas. Mulai dari evaluasi berupa kuisioner, pemberian tugas dan materi hingga pengumuman. Akan memudahkan pimpinan di kampus untuk menganalisa dalam mengambil keputusan. Sehingga penerapan tekonologi untuk pelayanan lebih baik akan meningkatkan kualitas dari sistem pendidikan. Secara umum seluruh peserta dinyatakan kompeten dalam implementasi smart campus,” ungkapnya.

Smart Campus bisa memudahkan proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi. Menerapkan teknologi informasi dengan smart campus memiliki banyak keuntungan diantaranya memudahkan proses belajar mengajar dan juga dalam hal managemen kampus dan kegiatan mahasiswa. (MUZ).

0
  Related Posts
  • No related posts found.