Hadir di Gowa, BPPSDMP Kementan Perkuat Budaya Kerja ASN berAKHLAK

Bagikan Info

GOWA – Kementerian PAN-RB telah meluncurkan core values BerAKHLAK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Juli 2021 silam. Menindaklanjuti hal tersebut Kementerian Pertanian telah melakukan sosialisasi ke seluruh ASN baik yang berada di pusat maupun UPT di daerah.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud berAKHLAK tersebut? Pada Jum’at (19/08) lalu, Sekretaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian Siti Munifah melakukan kunjungan ke Kampus Polbangtan Gowa dalam agenda sosialisasi kebijakan kedisiplinan, etika dan kinerja pegawai di bawah lingkup BPPSDMP Kementan khususnya di Polbangtan Gowa.

Dihadapan seluruh pegawai dan Dosen Polbangtan Gowa, Munifah menitik beratkan pesan tentang pelaksanaan core values berAKHLAK pegawai lingkup BPPSDMP.
BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Menurut Munifah Core Values ASN merupakan inti dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Core values ini juga menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo,

“ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama. BerAKHLAK merupakan Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan menjadi fondasi budaya kerja yang professional serta menjadi panduan perilaku bagi ASN” tegas Munifah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa seorang ASN atau pejabat pemerintah harus dikawal dengan moralitas melalui Pendekatan Core Values BerAkhlak agar tetap bisa bekerja dengan baik.

“Ditengah tantangan dunia yang semakin canggih, ditambah dengan adanya millennial disruption, ASN perlu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Dari tantangan yang terjadi saat ini maka seorang ASN atau pejabat pemerintah harus dikawal dengan moralitas melalui Pendekatan Core Values BerAkhlak agar kita tetap bisa bekerja dengan baik, “ ujar Mentan Syahrul.

Terkait hal ini Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menyebutkan bahwa adanya core value ASN BerAKHLAK ini menuntut agar bekerja maksimal khususnya bagi pegawai yang berada di lingkup BPPSDMP.

“Adanya core value ASN BERAKHLAK ini menuntut ASN agar bekerja semaksimal mungkin. Apalagi di BPPSDMP yang mempunyai tugas mencetak petani pengusaha milenial, mendampingi penyuluh dan petani serta meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani. Untuk melaksanakan tugas itu perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing”, ujar Dedi.

Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin mengatakan bahwa Polbangtan Gowa telah berupaya menerapkan core values berAKHLAK kepada seluruh pegawai lingkup Polbangtan Gowa.

Bahkan menurut Syaifuddin upaya tersebut telah dibuktikan dengan berhasilnya Polbangtan Gowa mendapatkan peringkat pertama penghargaan abdibaktitani dari Menteri Pertanian pada 17 Agustus 2022 lalu.

Penghargaan abdibaktitani merupakan apresiasi kinerja yang diberikan kepada instansi yang telah memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat yang merupakan nilai dari core values berAKHLAK pertama yaitu berorientasi pelayanan.


Bagikan Info