Berita

Job Seeker Bersiaplah, Polbangtan Gowa akan Gelar Jobfair di Makassar

Posted by:

Kementerian Pertanian (Kementan) kian serius untuk melahirkan wirausahawan milenial dari sektor pertanian. Termasuk juga membuka peluang bagi job seeker.

Peluang tersebut difasilitasi Polbangtan Gowa yang melaksanakan job fair, 15-16 Oktober 2021 di Main Atrium NIPAH Kota Makassar.

Polbangtan Gowa merupakan selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), yang merupakan kerja sama Kementan dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pertanian memberikan peluang kerja yang cukup besar dan selalu menekankan pentingnya untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri.

“SDM pertanian yang andal dan berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia,” ujarnya.

Mentan SYL meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Melalui pendidikan vokasi, kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi. Karena hal itu akan mampu menggenjot kreativitas pertanian. Mampu menggenjot ekspor,” katanya.

Job fair merupakan salah satu kegiatan dari program YESS untuk menarik minat dari para generasi milenial guna menciptakan job seeker.

Kegiatan ini menghadirkan perusahaan-perusahaan ternama yang menjadi mitra Polbangtan Gowa untuk perekrutan generasi milenial termasuk para alumni lulusan Polbangtan Gowa. Masyarakat umum, mulai lulusan setingkat menengah atas hingga sarjana, juga dapat mengikuti kegiatan ini.

10 perusahaan yang mengikuti Job Fair tersebut adalah PT. Lambang Agro Plantation, PT. Japfa Comfeed Indonesia, PT. So Good Food Indonesia Unit Makassar, PT. Mars Symbioscience Indonesia, PT. Perkasa Pangan Sejahtera, PT. Charoen Pokphand Indonesia, LPK Yamata Edukasi Center, PT. New Hope Indonesia, PT. Jiva Agriculture Indonesia serta Bintang Sejahtera Bersama.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, Syaifuddin, mengatakan Job Fair bisa menjadi link and match antara alumni dan mitra dalam mempersiapkan alumni yang handal dengan penempatan mereka juga secara tepat sesuai dengan kompetensi pada perusahaan mitra.

“Selain itu, ini membuktikan eksistensi Polbangtan Gowa dalam menciptakan 2,5 juta petani milenial. Ini juga merupakan tanggung jawab kami sebagai pengelola Lembaga Pendidikan vokasi dimana kami juga wajib mempersiapkan lapangan kerja bagi alumni kami. Alumni tidak akan susah lagi mencari pekerjaan, kami yang siapkan. Dan ini akan menjadi agenda tahunan kami,” tutur Syaifuddin.

Menurutnya, setiap tahun pihaknya akan menyiapkan anggaran khusus untuk job fair.

“Tempatnya pun akan disesuaikan seperti kali ini kami laksanakan di NIPAH Makassar yang juga merupakan sponsor utama kami untuk penyediaan venue,” katanya.

Terakhir pada kegiatan ini akan diadakan Talkshow dengan tema ‘Regenerasi Petani ala Kementerian Pertanian‘ dan Narasumber oleh YESS, PWMP, dan succes story dari petani milenial. Selain itu ada MoU Penandatanganan Kerjasama terhadap perusahaan mitra.

0
  Related Posts
  • No related posts found.