Berita

Kembangkan Kualitas SDM, Polbangtan Kementan dan Pemkab Pohuwatu Jalin Kerjasama

Posted by:

Peningkatan kualitas SDM pertanian mutlak dilakukan. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian memaksimalkan peran Polbangtan. Hal ini juga yang dilakukan di Kabupaten Pohuwatu, Gorontalo.

Kementan, melalui Polbangtan Gowa, menjalin kerjasama dengan Pemkab Pahowatu untuk mengembangkan SDM pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan saat ini para generasi muda telah masuk di era teknologi digital. Sehingga perlu beradaptasi dalam memanfaatkan peluang dan memenangkan kompetisi.

Menurutnya, Para generasi muda didorong mengambil peran khususnya dalam bidang pertanian melalui berbagai kegiatan yang produktif.

“Besok, kalian (mahasiswa) yang harus terjun. Pertanian itu bukan hanya tentang makan. Pertanian itu lapangan kerja. Pertanian itu memperkuat perekonomian suatu daerah, dalam krisis apapun jawabannya panganmu aman,” tegas Mentan SYL.

Ditambahkannya, pengembangan sumber daya manusia adalah upaya berkesinambungan dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia, baik melalui pendidikan, latihan, dan pembinaan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan lebih lanjut tentang hal ini.

Menurutnya pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi penerus pembangunan pertanian.

“Dukungan milenial sangat perlu dalam sektor pertanian. Terutama dalam pertanian modern. Hal ini juga menjadi upaya pemerintah untuk regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” ujar Dedi.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat regenerasi petani di Indonesia. Salah satunya melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwatu Provinsi Gorontalo dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kerjasama itu terkait pengembangan sumber daya manusia pertanian melalui penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding).

Bertempat di Ruang Rapat Polbangtan Gowa, 6 November 2021, penandatangan MoU antara Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, dengan Bupati Pohuwatu, Saipul Mbuinga, dan Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muhamad Ansar Abubakar.

Acara ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pertanian Pohuwatu, Kepala Dinas Kominfo Pohuwatu, Kepala Baperlitbang Pohuwatu beserta jajaran, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pohuwatu, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pohuwatu.

Bupati Pohuwatu, Saipul Mbuinga, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama tersebut dan berharap akan memberikan manfaat dan konstribusi antara kedua pihak.

“Pohuwatu merupakan salah satu kabupaten yang menyuplai produksi panen terbesar dan terluas untuk Provinsi Gorontalo khususnya jenis komoditi jagung, kopra, coklat dan beras. Sektor pertanian secara umum termasuk peternakan, perikanan adalah sektor terbesar penyumbang pendapatan masyarakat, sehingganya penting untuk menyiapkan SDM di bidang tersebut,” ujarnya.

Konstribusi yang nantinya akan diberikan yakni dapat bekerjasama dengan baik termasuk juga dari UIN Makassar ini.

“Kami siap untuk berkontribusi dan mengirimkan anak-anak mahasiswa terutama rekrutmen dari anak petani yang potensial,” tegasnya.

Syaifuddin bangga dan mengapresiasi kepada Bupati Kabupaten Pohuwatu dan rektor UIN atas kerjasama ini.

Melalui kerja sama diharapakan dapat memperkuat generasi muda sebagai SDM pertanian dalam peningkatan produksi pertanian melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami siap membantu Kabupaten Pohuwatu dan Kampus UIN Makassar khususnya dibidang pertanian dan peternakan dan kami berharap dari MoU ini dapat ditindaklanjuti, jangan hanya di atas kertas tetapi kita saling bahu-membahu untuk merealisasikannya” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Muhamad Ansar Abubakar mengucapkan terima kasih Polbangtan Gowa sudah menjadi rumah kedua bagi Kampus UIN Makassar.

“Selama ini Polbangtan Gowa menjadi rumah kami kedua karena secara evaluasi dapat memberikan sharing. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, diharapakan dapat menjadi silaturahmi, bersinergi, berkordinasi, berintegrasi, bersinkronisasi untuk menghasilkan program sesuai dengan tujuan dan arahan rencana strategi,” pungkasnya.

Terakhir acara ini ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh Polbangtan Gowa.

0
  Related Posts
  • No related posts found.