Kementan Bangun Komitmen Alumni Polbangtan Kawal Program Kementan

Bagikan Info

GOWA – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa baru-baru ini sukses menyelenggarakan Dies Natalis yang ke-4. Acara yang digelar selama 2 hari tersebut 17-18 September 2022 ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti Talkshow petani milenial, Job Fair, Pameran produk petani milenial dan kegiatan lainnya.

Kegiatan Dies Natalis secara terpusat dilaksanakan di Kampus Polbangtan Gowa. Antusiasme peserta terlihat dari ratusan alumni yang datang dari berbagai wilayah khususnya Indonesia Timur. Bahkan ada salah seorang alumni yang berasal dari Kabupaten Parimo Sulawesi Tengah datang menggunakan sepeda motor yang jaraknya dari Polbangtan Gowa sekitar 1.000 KM.

Turut hadir secara langsung Sekretaris Badan SDM Pertanian Siti Munifah yang memukul gong pembuka acara dies natalis di Aula Syekh Yusuf Polbangtan Gowa. Ratusan alumni yang hadir dari berbagai daerah tersebut berlatar belakang profesi yang berbeda, ada yang wakil bupati, kepala dinas, penyuluh, pengusaha, bahkan komisioner KPU.

Pada kesempatan ini Munifah mengajak para alumni untuk berkontribusi meskipun dengan latar belakang berbeda terhadap program Kementerian Pertanian. Hal ini sebagaimana arahan Menteri Pertanian bahwa membangun pertanian harus dilakukan bersama-sama.

Program utama Badan SDM Kementerian Pertanian yang saat ini gencar dilakukan adalah regenerasi petani dan cetak petani muda milenial.

Salah satunya yang saat dilakukan Badan SDM Kementan bekerjasama dengan lembaga donor IFAD adalah program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Program ini dalam upaya menyiapkan SDM petani handal dengan memberikan banyak pelatihan dari hulu ke hilir terhadap para pemuda di pedesaan agar mau dan tertarik terjun di dunia pertanian.

Hal tersebut sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, untuk menyiapkan SDM pertanian yang handal yang diarahkan kepada para pemuda tani.

“SDM pertanian yang andal dan berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia,” ujarnya.

SYL meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Tentang program YESS, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa program ini hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Sasaran dari program YESS, yakni pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” kata Dedi.

“Salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh Program YESS, antara lain adalah hibah kompetitif dan young ambassador. Hibah kompetitif bertujuan menggerakkan pemuda tani untuk membangun usaha pertanian dan perekonomian di pedesaan. Sementara, young ambassadors merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia untuk dapat menjadi Duta Program YESS,” terangnya.

Melalui acara dies natalis ini, alumni diarahkan untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. Bahkan para alumni diharapkan berperan langsung dan terjun ke dunia pertanian, baik sebagai petani, pengusaha tani maupun profesi lainnya.

Setelah membuka acara, Sesba SDM kemudian menuju lokasi pameran produk pertanian yang letaknya di sekitar lapangan upacara Polbangtan Gowa.

Produk-produk yang di pamerkan berasal dari mahasiswa PWMP Polbangtan Gowa seperti cemilan mantul yang berupa macaron, biscuit pie, bakso goreng, serta minuman coklat maupun lainnya.

Selain itu juga produk dari para petani milenial penerima Hibah Kompeptitif YESS PPIU Sulsel yang memamerkan produk seperti keripik bayam, jamur crispy, kopi jahe, dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa perusahaan sponsor juga turut hadir mengikuti pameran seperti dari Bank Mandiri, Hotel Remcy, dan juga Hotel Ibis Styles.

Untuk memfasilitasi para alumni baru yang belum mendapatkan kerja, pada saat yang sama juga dilaksanakan Job Fair yang dihadiri oleh beberapa perusahaan bidang pertanian seperti Bintang Sejahtera Bersama, Charoen Pokphand Indonesia, Japfa Comfeed Indonesia, LPK Yamata Edukasi Center, PT. Papandayan Cocoa Industries (Barry Callebaut) dan PT. Syngenta Seed Indonesia

Menurut Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin bahwa dengan hadirnya perusahaan mitra yang bergabung dalam gelaran Job Fair memberikan semangat kepada para pencari kerja utamanya alumni Polbangtan Gowa.

“Jadi para alumni tidak susah lagi cari tempat untuk bekerja mereka kami sediakan.” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan launching 5 buah buku karya para Dosen Polbangtan Gowa. Diantara buku tersebut seperti buku seni komunikasi pertanian, jejak langkah petani milenial dari Indonesia Timur, degradasi tanah oleh urea terhadap produk tanaman tomat dan optimalisasi penggunaan lahan untuk pengembangan tanaman jagung yang keempat buku tersebut merupakan buku yang ditulis oleh Syaifuddin, Jamaluddin Al Afgani dan Wulansari.

Adapun buku yang kelima adalah YESS for women (menguak partisipasi perempuan dalam program YESS PPIU Sulawesi Selatan) ditulis oleh Kartika Ekasari dan Mufidah Muis.


Bagikan Info