Berita

Kuliah Perdana Program RPL, Kementan Dorong Penyuluh Maju, Mandiri dan Modern

Posted by:

Untuk meningkatkan kapasitas Penyuluh Pertanian, yang telah diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (ASN PPPK), Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) telah mengelola program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

RPL sendiri merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi di Polbangtan.

Selain itu RPL juga sebuah implementasi dari pembelajaran sepanjang seumur hidup untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan selain petani, Penyuluh Pertanian merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

Penyuluh berperan dalam mendampingi petani di lapangan.

“Saat ini jumlah tenaga penyuluh pertanian masih sangat kurang. Maka pemerintah merekrut penyuluh Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) untuk menjadi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Penyuluh Pertanian. Untuk menjadi ASN PPPK diperlukan penyuluh-penyuluh dengan kompeten,” ungkap Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengingatkan bahwa dinamika sektor pertanian berkembang dengan cepat.

“Karenanya, penyuluh dituntut meningkatkan kapasitas dan kompetensinya. Kinerja penyuluhan perlu kita tingkatkan sesuai dengan era 4.0,” kata Dedi.

Untuk mendukung hal itu, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa melaksanakan kuliah perdana RPL Program Studi Jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) dan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan tahun akademik 2021/2022, Senin, (15/11/2021), secara virtual.

Kegiatan kuliah perdana untuk wilayah penerimaan Polbangtan Gowa diikuti sebanyak 118 orang partisipan dari 159 orang mahasiswa.

Berdasarkan jadwal perkuliahan, untuk Tahap I dan Tahap II telah ditetapkan bahwa perkuliahan dimulai pada tanggal 15 November 2021.

Kegiatan perkuliahan diawali dengan ceramah umum tentang Profil Polbangtan yang disampaikan oleh Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin Anwar, melalui offline dan online bertempat di salah satu lokasi kerja mahasiswa RPL yaitu di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya sekaligus pembukaan perkuliahan Program RPL T.A. 2021. Syaifuddin Anwar mengucapakan selamat bergabung kepada peserta RPL setelah melalui serangkaian proses pendaftaran.

“Proses yang mungkin melelahkan mulai dari sosialisasi, penyiapan berkas, koordinasi dengan atasan, pendaftaran online, upload pernyataan evaluasi diri, upload dokumen kegiatan, hingga beberapa orang yang harus wawancara,” ucapnya.

Menurutnya, diperlukan pembiasaan bagi semua untuk menjalankan proses ini.

“Sebelumnya Ibu/Bpk bekerja dan bertugas mendampingi petani/peternak, mulai hari ini harus menyiapkan mental untuk melaksanakan perkuliahan, mengerjakan tugas, menerima instruksi dari dosen dan pengajar. Sekali lagi, siapkan mental, pikiran, waktu dan tenaga untuk menjadi mahasiswa” tambahnya.

Hal ini sesuai dengan SK Direktur no. 2838 /SM.220/I.10/11/2021 tanggal 5 Nopember 2021 tentang Penetapan Kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Percepatan Pendidikan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau Tahap I dan II, maka, mulai saat ini mereka berstatus sebagai mahasiswa Program RPL Polbangtan Gowa thn akademik 2021/2022.

Seluruh proses RPL dilakukan secara daring, maka menjadi sebuah keharusan bagi seluruh mahasiswa untuk aktif mengikuti alur penyelenggaraan secara daring.

Manfaatkan program ini sehingga kita bisa menjadi penyuluh yang mengerti permasalahan petani, paham teknologi sehingga benar benar bisa menjadi penyuluh yang maju, mandiri dan modern.

“Jaga kuota internetnya, agar tidak tertinggal, ikuti perkembangan informasi setiap hari, baik melalui grup WA kelas, maupun informasi melalui website,” pungkasnya.

Terakhir, Syaifuddin mengatakan pahami proses yang harus dijalankan, pahami penggunaan perangkat perkuliahan, pahamkan orang-orang di sekeliling. Agar memperoleh dukungan positif untuk masa depan diri dan keluarga”imbuhnya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.