Berita

Mahasiswa Polbangtan Gowa dan Petani Sumba Tengah Panen Padi, Manfaatkan Combine Bantuan Kementan

Posted by:

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan perkembangan alsintan di tingkat petani diharapkan tidak menghilangkan lapangan kerja buruh tani. Tetapi, diharapkan agar dapat saling dikombinasikan untuk tani yang lebih efektif yakni meningkatkan produksi, mengefisiensikan biaya dan tetap dapat menjadi lapangan kerja bagi buruh tani.

“Kita berharap bahwa mesin ini tidak menghilangkan pekerjaan buruh tani tetapi dalam rangka melakukan percepatan saat musim panen serentak di semua daerah. Mengingat hal ini, kita memang memerlukan percepatan sehingga semua lebih efektif,” terang Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi juga menambahkan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah agar produk tanaman pangan khususnya gabah atau beras, jagung, kedelai semakin berkualitas sesuai standar yang berlaku. Dengan begitu, pelaksanaan pembangunan pertanian berhasil mewujudkan nilai tambah, yang mana petani memperoleh harga yang lebih layak.
“Oleh sebab itu, saya meminta bantuan harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan berkelanjutan. Kami akan terus memberikan bantuan alat mesin pertanian sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan produksi dan nilai jual produk tanaman pangan,” tutur Dedi.

Mahasiswa polbangtan gowa melakukan Panen Padi dengan Menggunakan Mesin Alsintan Combine Harvester di lahan Food Estate zona 1, bersama kelompok Tani Suka Maju, di Desa Makata Keri, Kecamatan Katikutana, Kabupaten. Sumba Tengah, Provpinsi. Nusa Tenggara Timur Kamis 29 April 2021.
Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa pendampingan Polbangtan Gowa, Posko 2 jurusan pertanian dan peternakan diantaranya Abd. Rahman, Muh. Ardas Daruslam, Hisbul Adillah Hamzah, Muhammad Almuntaha, Muh. Rivaldi, Muh Fahmi Mannaroy, Alfiandi Rezki, Ainun Jariyah, Reskiyani S, dan Agrivina Mega Putri, bersama dengan Kaka Kalegawali selaku anggota kelompok tani dan ibu, Umbu Datu Nyanyi selaku petani yang merupakan ketua kelompok tani Suka Maju dan didampingi oleh PPL Desa Makata Keri ibu Yance Rambu Wasak.

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan Bupati Sumba Tengah berkomitmen lakukan percepatan tanam pada Kawasan Food Estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Sumba Tengah menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk untuk menjadi Kawasan Food Estate di Indonesia. Selain bantuan benih, diberikan juga bantuan pupuk dan alsintan.

Combine Harvester merupakan mesin pemanen. Mesin ini, seperti namanya, merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, dijadikan satu rangkaian operasi. Mentan mendorong pengembangan pola food estate ini dengan memberikan bantuan sarana produksi, alat pra panen dan pasca panen guna meningkatkan produktivitas, kebutuhan untuk pangan, industri dan pakan terus meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan teknologi serta percepatan untuk membantu mempercepat musim tanaman.
Maka dari itu, Polbangtan Gowa hadir dan turut andil dengan kegiatan pendampingan mahasiswa diwilayah food estate NTT. Pendampingan mahasiswa ini merupakan kegiatan mahasiswa untuk belajar praktis pada kelompok tani Suka Maju yang diharapkan menjadi sarana penerapan keterampilan dan keahlian mahasiswa serta meningkatkan percepatan produktivitas musim tanam tanaman padi khususnya diwilayah food estate.

“Kami melakukan pendampingan bersama petani, salah satunya dengan membantu petani dalam proses pemanenan dengan menggunakan mesin combine harvester. Untuk luas panen sekitar 15 – 20 are, dari total 260 hektar luas lahan di zona 1 food estate. Dan sebagian besar telah dipanen sebelumnya. “Dengan adanya mahasiswa pendampingan dari Polbangtan Gowa, kami sebagai petani sangat berterimakasih atas kedatangan dan bantuan dari teman teman mahasiswa atas keikutsertaannya dalam membantu proses pemanenan dilahan persawahan kami” Ujar Bpk Umbu Datu nyanyi selaku ketua klp Tani Suka Maju (on).

0
  Related Posts
  • No related posts found.