Berita

Mahasiswa Polbangtan Kementan Bangun Kandang Percontohan di Lokasi Food Estate Sumba Tengah

Posted by:

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) milik Kementerian Pertanian yang ada di Gowa memberikan dukungan nyata untuk program Food Estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dukungan tersebut berupa pembangunan kandang percontohan.

Langkah tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, pangan merupakan hal yang sangat krusial bagi kelangsungan hidup manusia serta perkembangan suatu negara.

“Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh kestabilan pangan. Dan kehadiran generasi milenial memegang peran besar untuk menghadapi persaingan global khususnya dalam hal penyediaan pangan yang sangat krusial bagi kelangsungan hidup khalayak banyak dan ketahanan negara,” katanya.

Mentan SYL menambahkan, Food Estate adalah program nasional andalan pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian (Kementan). Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat.

“Ini merupakan sebuah misi bersama untuk menciptakan ketahanan pangan jangka panjang. Bukan hal mudah mengubah semak belukar yang dikelilingi tanaman pakis untuk ditanami aneka tanaman produktif yaitu sayuran. Perlu perlakuan khusus menyesuaikan unsur hara seluas 215 hektar dengan ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bawang merah, bawang putih dan kentang,” tuturnya.

Mentan pun berkomitmen akan memaksimalkan semua aspek agar pendampingan yang diberikan terhadap petani di Food Estate bisa berjalan maksimal. Salah satunya lewat pembentukan Tim Pendampingan/Detasharing Food estate.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan akan memastikan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap petani di lokasi Food Estate bisa berjalan maksimal.

“Harapannya, melalui pendampingan ini dapat membuka pola pikir petani terkait korporasi dan koperasi sehingga akan meningkatkan kapasitas petani dalam manajemen usaha taninya,” papar Dedi.

Harapan tersebut dijalankan dengan baik oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, sebagai UPT Pendidikan di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan. Polbangtan Gowa terlibat dalam kegiatan pendampingan food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 30 mahasiswa Polbangtan Gowa terlibat dalam pendampingan Food Estate pada periode pertama, April hingga Juli 2021.

Tak hanya itu, kegiatan pendampingan juga diintegrasikan dengan Praktik Kerja Lapang (PKL) II selama 40 hari sebagai penerapan program merdeka belajar dan kampus merdeka yang merupakan program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada kesempatan ini, mahasiswa PKL II dan Pendampingan Posko 1 Pertanian maju bersama Koordinator BPP Prai Au, melakukan kegiatan pembuatan kandang percontohan ayam broiler di BPP Prai Au Desa Wailawa, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Kamis 20 Mei 2021.

Kegiatan pembuatan kandang percontohan ayam broiler di BPP Prai Au ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat yang berada lokasi food estate.

Di harapkan melalui kegitan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pada akhirnya dapat mendorong minat masyarakat dalam beternak ayam broiler selain dari sapi itik dan ayam petelur di bidang Peternakan.

Kiprah mahasiswa Polbangtan ini menunjukkan pengabdiannya kepada Masyarakat disamping mereka juga membekali diri untuk menjadi qualified job creator dan job seeker.

0
  Related Posts
  • No related posts found.