Mahasiswa Tingkat I dan II Polbangtan Gowa Fieldtrip Ke Rumah Koran Malino Gowa

Bagikan Info

Sekitar 245 Mahasiswa Tk. I dan II program studi D-IV Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melaksanakan kunjungan praktik lapangan di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolopao Malino Kabupaten Gowa (19/06).

Ketua Jurusan Pertanian Dr. Kaharuddin mengatakan bahwa praktik kunjungan lapangan atau yang biasa disebut fieldtrip dilaksanakan untuk membandingkan antara yang diperoleh mahasiswa dikelas dengan apa yang terjadi di lapangan.

“Tujuannya adalah untuk membandingkan apa yang didapatkan di kelas dengan kenyataan di lapangan” Ujar Dr.Kaharuddin

Menurutnya dengan membandingkan apa yang terjadi di lapangan mahasiswa dapat menggali fakta, mengimprovisasi serta mendapatkan hal baru yang mungkin tidak mereka dapatkan di kelas maupun buku Pelajaran lainnya.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa didampingi oleh Wakil Direktur I dan II, Dosen pengampu dan PLP serta Staf jurusan maupun bagian akademik.

Dua Lokasi yang dikunjungi adalah Balai Pelatihan Pertanian Kanreapia dan Komunitas Rumah Koran Kanreapia Gowa.

Rumah Koran merupakan komunitas literasi petani yang digagas oleh pemuda bernama Jamaluddin yang berlokasi di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Selain sebagai sebuah komunitas literasi, Rumah koran juga membina kelompok tani budidaya berbagai komoditas seperti kol, tomat, labu siam, seledri dan tanaman horti lainnya.

Dengan komunitasnya sekarang Rumah Koran sudah sering berbagi pengalaman kepada siswa, mahasiswa maupun komunitas petani lain yang berkunjung ke tempatnya.

“Rumah Koran hadir sejak tahun 2014 berusaha memajukan Desa dan Pertanian, Alhamdulillah sudah berbagai kalangan yang datang untuk melakukan studi banding maupun kunjungan mulai dari kampus, komunitas petani dan Masyarakat umum lainnya” ujar Jamaluddin.

Saat di Lokasi, Mahasiswa dibagi beberapa kelompok, kemudian diajak berkeliling mulai dari tempat pembibitan hingga pemanenan berbagai komoditas unggulan yang dimiliki Rumah Koran. Merekapun mendengarkan dan berusaha mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh para pemandu dari komunitas Rumah Koran. Sesekali mereka bertanya dan berdiskusi untuk mengklarifikasi apa yang mereka ketahui dan pelajari di kelas dengan apa yang mereka saksikan di lapangan.


Bagikan Info
Live Chat
Terima kasih telah menghubungi Humas Polbangtan Gowa. Silahkan klik "Live Chat" untuk terhubung dengan admin kami 😊