Pembekalan Magang MBKM I dan II Polbangtan Gowa

Bagikan Info

Gowa – Proses pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning).

Pembelajaran MBKM memberikan tantangan dan kesempatan kepada mahasiswa untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan program MBKM, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa menyelenggarakan kegiatan pembekalan kepada mahasiswa peserta MBKM I dan II di Aula Syekh Yusuf Polbangtan Gowa mulai Senin hingga kamis, 3-6 April 2023.

Pembekalan yang akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Polbangtan Gowa Dr. Detia Tri Yunandar (03/04).

Pada saat pembukaan, Direktur Polbangtan Gowa banyak memberikan pesan dan motivasi kepada mahasiswa selama pelaksanaan magang yang akan berlangsung selama tiga bulan tersebut.

“Magang MBKM merupakan bagian rangkaian pembelajaran yang dilaksanakan di luar lingkungan kampus yang harus diikuti. Oleh karena itu, kalian harus selalu ingat bahwa sebagai rangkaian pembelajaran maka hal tersebut tujuan utamanya juga adalah untuk belajar” ujar Dr. Detia.

“Namun demikian, meskipun semua memiliki pendamping internal dan eksternal, dalam pelaksanaannya tanggung jawab kegiatan MBKM akan berada di pundak pribadi masing-masing” lanjutnya.

“Di kampus kalian telah banyak mendapatkan teori dan praktek, nanti di lapangan akan banyak mendapatkan pengalaman bersama masyarakat. Di tengah masyarakat jangan merasa lebih tinggi hanya karena status mahasiswa, posisikan kita belajar dan berbaur dengan mereka. Jaga sikap, karena budaya di kampus tentu akan berbeda di masyarakat” Tutupnya.

Sebagai informasi bahwa pelaksanaan magang MBKM akan difokuskan di dua Kabupaten yaitu Bantaeng untuk program DIII dan Bulukumba untuk program DIV.

Peserta MBKM I program DIII prodi budidaya tanaman hortikultura sebanyak 52 orang dan Budidaya ternak sebanyak 38 orang. Adapun peserta MBKM program DIV prodi Penyuluhan pertanian berkelanjutan sebanyak 75 orang dan penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan sebanyak 69 orang . Sehingga total peserta magang MBKM di kedua Kabupaten tersebut sebanyak 234 orang.

Para peserta magang MBKM akan ditempatkan di berbagai titik lokasi di BPP, Petani dan peternak yang maju di kedua Kabupaten tersebut selama tiga bulan. Melalui implementasi program MBKM tersebut, Polbangtan Gowa berharap dapat membentuk hardskills dan softskills mahasiswa sebagai calon petani milenial maupun alumni yang memiliki qualified job seeker dan job creator.


Bagikan Info
Live Chat
Terima kasih telah menghubungi Humas Polbangtan Gowa. Silahkan klik "Live Chat" untuk terhubung dengan admin kami 😊