Berita

Pentingnya Peran Media, Polbangtan Gowa Jalin Kerjasama Media Bone dan Bulukumba

Posted by:

Bertempat di Kantor Radar Bone, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Dr. Syaifuddin dan Direktur PT Radar Bone/PT Radar Bulukumba Muh Bachtiar Sairing menandatangani Nota Kesepahaman terkait Desiminasi Kegiatan Kementerian Pertanian, Jumat, 17 September 2021.

Dr. Syaifuddin dalam arahannya mengatakan bahwa saat ini program-program utama Kementerian Pertanian perlu secara massif disebarluaskan lewat berbagai media. Kerjasama ini penting karena di Kabupaten Bone dan Kabupaten Bulukumba juga terdapat Kegiatan Kementerian Pertanian yang terkait dengan Regenerasi Petani melalui Program YESS atau Youth Enterpreneurship and Employment Support Services.

YESS merupakan Program Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) akan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas.

“Kami juga berharap, Radar menjadi perantara antara Polbangtan dan masyarakat, berperan sebagai komunikator serta agen of change, menjadi pelopor perubahan dalam lingkungan publik yang dapat mempengaruhi khalayak melalui pesan berupa informasi, pendidikan maupun pesan-pesan lainnya terkait dengan tridharma perguruan tinggi dan dapat dijangkau masyarakat secara luas, terlebih kami juga mempunyai Kampus II di Bakunge, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone,” ungkap Syaifuddin.

Kabupaten Bone dan Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan selain Kabupaten Maros dan Bantaeng yang menjadi salah satu lokasi program YESS. Di Bone dan Bulukumba, YESS mendapatkan sambutan positif dari generasi muda.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai generasi muda menjadi harapan bangsa di tengah menghadapi situasi ketidakpastian akibat pandemi. Untuk itu generasi muda dituntut inovatif dan kreatif menggunakan teknologi sebagai celah untuk maju dan tumbuh.

Mentan SYL menyebut penguatan kompetensi diri generasi muda merupakan hal yang mutlak untuk mengembangkan sektor pertanian.

“Eramu tersedia, era yang serba uncertain, tapi dengan tingkat kapasitas kritis dan kreatif, didukung behavior yang kuat, membutuhkan keringat, kaum muda bisa menjadi sukses menghadapi ini semua,” tegas Mentan Syahrul disebuah kesempatan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi juga mengungkapkan tujuan pengembangan YESS adalah untuk kaum muda di pedesaan agar terlibat dalam sektor berbasis pertanian melalui pekerjaan dan kewirausahaan.

“Dalam pelaksanaannya, pengelolaan proyek dilakukan di tingkat pusat dan daerah yang nantinya akan bersentuhan langsung dengan CPCL,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi mengatakan, Program YESS akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, seperti di kabupaten Bone, Bulukumba, Maros dan Bantaeng akan bekerja sama dengan dinas. Dan kemudian seperti anak anak dinas yaitu penyuluh, bpp, dan kemudian juga P4S.

Direktur PT Radar Bone, Muh Bachtiar Sairing menyambut baik kerjasama ini. Program YESS yang merupakan Program Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) akan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas tersebut, sejalan dengan potensi pertanian di kedua daerah.

“Ini awal yang baik dalam memajukan pertanian di Kabupaten Bone dan Bulukumba. Kita berharap kerjasama ini akan terus berlanjut,” kata Bachtiar yang juga Direktur PT. Radar Bulukumba yang membawahi media Radar Selatan.

0
  Related Posts
  • No related posts found.