Berita

Peserta magang drone Pusdiktan akan hasilkan foto udara menjadi informasi geospasial dan peta tematik

Posted by:

Aktivitas berbeda terlihat di pelataran parkir pantai Krakal Yogyakarta. Terlihat sejumlah peserta sedang menerbangkan perangkat tanpa awak atau lebih dikenal dengan drone. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari magang yang dilaksanakan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdik) di Yogyakarta. Rabu, (26/02).

Peserta dibagi kedalam 3 kelompok dengan masing-masing di mentori oleh tenaga pengajar Globalindo Multispek dan Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Untuk lokasi praktik dilakukan di pelataran parkir pantai Krakal.

Angga sebagai salah satu narasumber, sehari sebelumnya membekali peserta dengan pengenalan jenis-jenis drone dan fungsinya. Selain pemetaan foto udara lahan pertanian, para peserta berlatih teknik penginderaan jauh, fotogrametri, perencanaan jalur terbang untuk pemetaan, praktik terbang operasional drone, dan pengolahan data foto udara dengan aplikasi GIS. Serta pembuatan layout peta tematik.

Untuk hari ke 2, peserta dilatih langsung untuk menerbangkan drone dengan tujuan untuk mendapatkan akuisisi data foto udara dan pengecekan langsung hasil pemotretan. Selanjutnya peserta mengolah data dengan menggunakan aplikasi GIS sebagai ekstraksi data foto udara dan pebuatan data spasial,” tutur Angga dihadapan peserta magang drone.

Hasil magang drone ini, nantinya bisa menjadi foto udara yang akurat dan selanjutnya menjadi informasi geopasial dan peta tematik. (MUZ).

0
  Related Posts
  • No related posts found.