Berita

PKL di Enrekang dimanfaatkan Mahasiswa Polbangtan Gowa bersama Penyuluh malaksanakan IB dan PKB

Posted by:

Sumber daya manusia (SDM) merupakan hal penting dalam upaya mengoptimalisasi sektor pertanian dengan tetap mengacu pada kebijakan strategis jangka panjang. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menegaskan Beberapa program andalan telah di gelontorkan Kementan dalam mewujudkan pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern. Termasuk didalamnya Program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri).

Dalam upaya mendukung program kementan untuk swasembada daging melalui Sikomandan, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa pada kegiatan pendampingan pada komoditas strategis pertanian, bersama penyuluah melakukan pemberian vitamin pada ternak sapi.

Vitamin memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Vitamin ini sepenuhnya bisa dibentuk dalam tubuh hewan yang memamah biak seperti sapi, sehingga kemungkinan terjadinya kekurangan vitamin sangat kecil.

Optimalisasi dan peningkatan produktivitas usaha peternakan secara tradisional telah banyak dilakukan oleh peternak. Diantaranya adalah pemberian pakan dengan nutrisi yang tepat dan juga perlu diberikan tambahan asupan mineral dan vitamin. Vitamin merupakan senyawa organik yang penting dan sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh ternak. Adapun vitamin yang di butuhkan untuk daya tahan tubuh sapi dan pertumbuhan vitamin A, B, D dan K mengaplikasikannya bisa diberikan dalam wujud suntikan.

Kegiatan program pendampingan pada komoditas strategis yang disinergikan dengan kegiatan PKL II yang telah dilaksanakan. Untuk Jurusan Penyuluhan Peternakan, sebanyak Empat Orang Mahasiswa ditempatkan di daerah yaitu: Andi Uvyanti, Sri Reski Yuliasti, Diliyanti Ashari dan Bayu Apriansyah Nas yang berlokasi di Kec. Anggeraja Kab. Enrekang dapat berkesempatan belajar bersama dengan Bapak Daryatmo selaku Inseminator di Kab. Enrekang.

Selain kegiatan Injeksi Vitamin terhadap Ternak Sapi, mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara melakukan Inseminasi Buatan (IB) dan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB)

Pemberian Vitamin pada tubuh sapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Pemberian vitamin yang tepat akan menghasilkan produksi sapi yang lebih baik,” ungkap Daryatmo, Penyuluh Enrekang yang (UVY/MUZ)

0
  Related Posts
  • No related posts found.