Berita

Polbangtan Gowa Gelar Kegiatan Penyusunan Renstra di Hotel Horison Makassar

Posted by:

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Menyusun rencana strategis (renstra) tahun 2020-2024, bertempat di Hotel Horison Makassar. Finalisasi Renstra ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 18 Maret 2020.

Penyusunan renstra ini diharapkan dapat memetalkan apa saja yang perlu dilaksanakan Polbangtan Gowa sesuai target yang sudah disepakati dan menjadi indikator kinerja Polbangtan Gowa kedepannya. Syaifuddin dalam arahannya menyampaikan bahwa secara komprehensif diharapkan bisa memberi manfaat dan membangun komitmen dalam menyusun perencanaan untuk 5 tahun kedepan.

Rencana strategis sangat penting sehingga harus dirancang sendiri oleh masing-masing organisasi dengan memperhitungkan kondisi nyata dan sumber daya yang dimiliki, untuk menjadi landasan dan pedoman kerja bagi setiap pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Rencana strategi (Renstra) adalah dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai yang di dalamnya dijelaskan mengenai strategi atau arahan sebagai dasar dalam mengambil keputusan organisasi. Di dalam Renstra digambarkan tujuan, sasaran, kebijakan, program dan kegiatan dengan memperhitungkan perkembangan lingkungan strategis yang merupakan proses berkelanjutan dari pembuatan keputusan. Keputusan itu diambil melalui proses pemanfaatan sebanyak mungkin pengetahuan antisipatif dan mengorganisasikannya secara sistematis untuk untuk melakukan proyeksi kondisi organisasi pada masa depan,” jelas Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa ketika memberi arahan pada pembukaan kegiatan.

Tujuan penyusunan renstra adalah sebagai acuan dalam mengoperasionalkan rencana kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, rencana tersebut tidak semata mata hanya disusun dan didiamkan, tapi melainkan rencana yang telah dibuat harus dilaksanakan sebagai acuan bahwa organisasi tersebut adalah organisasi yang bekerja efektif dan berkinerja, dalam menilai apakah organisasi tersebut memiliki kinerja yang baik, maka bisa dilihat dari seberapa banyak rencana strategi yg dilaksanakan dalam rangka mencapai visi jangka menengah, tambah Syaifuddin.

0
  Related Posts
  • No related posts found.