Berita

Polbangtan Gowa Gerak Cepat Turunkan Tim untuk Transformasikan BPP menjadi BPP Model Kostratani

Posted by:

Untuk mendukung kemajuan pertanian di Indonesia, Kementerian Pertanian siap mentransformasikan 6000 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Tanah Air menjadi BPP Kostratani. transformasi ini ditargetkan rampung 2021. Sedangkan di tahun 2020, Kementan menargetkan transformasi 1500 BPP.

Target tersebut disampaikan langsung Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam Evaluasi Kostratani yang dilakukan melalui video conference, Jumat (07/08/2020).

“Kita mendapatkan tugas khusus, yaitu percepatan Kostratani. Oleh karena itu, saya menyebutnya sebagai Kopasus Kostratani 2020. Karena memang ini betul-betul pasukan khusus untuk segera mengimplementasikan Kostratani di seluruh pelosok Tanah Air,” tuturnya.

Dijelaskannya, Menteri Pertanian menginstruksikan untuk membangun BPP Kostratani di seluruh BPP di Tanah Air yang jumlahnya sekitar 6000.

Dedi Nursyamsi menjelaskan target yang diemban tidak mudah. Karena dalam 10 hari harus ada 800 BPP yang bertransformasi menjadi BPP Kostratani.
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa saat ini telah ditetapkan untuk membina 59 BPP agar bertransformasi menjadi Kostratani. Ada 59 BPP di empat Kabupaten yang akan kita sasar yakni Kabupaten Bulukumba, Bantaeng, Maros dan Bone. Ujar Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa. (08/08).
Waktu 10 hari yang diberikan kepada kami akan kami maksimalkan untuk menuntaskan proses transformasi BPP menjadi BPP Kostratani. Seluruh potensi yang ada di Polbangtan Gowa akan dikerahkan. Tidak ada kata “tidak bisa” untuk program ini, ujarnya.

Mulai Sabtu (08/08) ini, beberapa tim kami sudah bergerak dilapangan. Kami akan menurunkan tim di empat kabupaten dan masing-masing personil akan bertanggungjawab untuk 1 BPP. Mulai dari tim teknis pertanian hingga tim IT telah kami tetapkan untuk mensukseskan program transformasi BPP menjadi Kostratani ini. Hari senin pelatihan IT juga sudah dijadwalkan dengan agenda utama untuk mengkoneksikan BPP ke Agriculture War Room (AWR) Kementan dan proses penginputan laporan utama, ujar Syaifuddin.

Empat kabupaten yang kami tetapkan juga merupkan wilayah binaan kami dalam program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang bertujuan untuk menciptakan wirausahaan milenial tangguh dan berkualitas. Program ini merupakan Kerjasama Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD).

0
  Related Posts
  • No related posts found.