Polbangtan Gowa Melepas 145 Mahasiswa PKL II Tersebar di 8 Kecamatan Kabupaten Maros

Bagikan Info

Polbangtan Gowa mengadakan program PKL II bagi mahasiswa tingkat 3 di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Pada Senin 25 Juli 2022 diadakan pelepasan sekaligus penyerahan mahasiswa oleh Polbangtan Gowa kepada Dinas Pertanian Maros Kabupaten Maros bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian Maros.

PKL adalah merupakan salah satu program yang dilakukan sekolah vokasi ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para mahasiswa sebagai generasi muda calon petani milenial.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk meningkatkan kualitas SDM dan regenerasi petani milenial.

“Kita harus fokus untuk melahirkan SDM pertanian mulai dari Dosen, Widyaiswara, maupun Mahasiswa. Maka mahasiswa vokasi Kementerian Pertanian RI harus lebih maju, sigap dan selalu bergerak dinamis di seluruh jajaran pertanian dari pusat hingga ke pelosok pedesaan.” Ujarnya.

Demikian juga arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi yang menegaskan bahwa peningkatan produktivitas pertanian harus  dilakukan oleh generasi milenial yang menyukai tantangan, berpikiran terbuka dan inovatif. Hal itulah yang diharapkan dari lulusan Polbangtan yang merupakan pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Pertanian.

145 orang mahasiswa  PKL II Polbangtan Gowa tersebut terbagi di 8 Kecamatan yakni Moncongloe, Tompobulu,Tanralili, Mallawa, Bantimurung, Simbang, Cenrana dan Camba.

Direktur Polbangtan Gowa menyebutkan bahwa tujuan khusus PKL adalah  memberi bekal dan pengalaman kepada mahasiswa agar mampu melakukan wirausaha di bidang pertanian dan peternakan.

“Tujuan khusus PKL I ini adalah memberi bekal dan pengalaman kepada mahasiswa agar mampu melakukan wirausaha di bidang pertanian dan peternakan, yang meliputi aspek; Pengetahuan, Keterampilan dan menumbuhkan Sikap mental/jiwa wirausaha”.

Kabid bidang penyuluhan Dinas Pertanian Maros Jamaluddin berharap agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan selama mengikuti PKL dan dapat memberi kontribusi positif terhadap kabupaten Maros.

“Semoga dengan adanya mahasiswa dari Polbangtan Gowa yang melakukan praktik kerja lapangan di 8 Kecamatan dapat memberi kontribusi positif terhadap kabupaten Maros yang dapat di implementasikan kepada masyarakat Maros khususnya pada sektor pertanian. “Ujarnya.

Saat acara pelepasan, Wahyu aji selaku pendamping mahasiswa Polbangtan Gowa berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Maros yang mau menerima Mahasiswa untuk melaksanakan program PKL II.

Ia juga berpesan kepada Mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan  PKL II ini dan mengaplikasikan teori yang telah di dapat di kampus.

“Manfaatkan kesempatan PKL II ini untuk mengaplikasikan pengetahuan teori yang didapatkan di kampus. Bersama petani maupun penyuluh kalian dapat sharing pengetahuan, inovasi dan teknologi “ pesan Wahyu.

PKL II diharapkan dapat memberikan banyak  pengalaman di lapangan dan mengaplikasikan bidang keilmuan masing-masing serta menerapkan inovasi-inovasi baru kepada petani setempat.


Bagikan Info