Berita

Polbangtan Gowa Wujudkan Komitmen Tingkatkan Kompetensi SDM melalui PKL

Posted by:

Demi menghasilkan SDM-SDM yang kompeten, Polbangtan Gowa, sebagai salah satu UPT di BPPSDMP Kementan, menerima Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari sejumlah siswa. Dengan cara ini, diharapkan akan muncul petani-petani milenial berkualitas.

Hal ini sejalan dengan semangat Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Menurutny, Indonesia harus menjalankan pertanian yang efektif, efisien dan transparan.

“Hal itu bisa dilakukan melalui petani milenial yang modern. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM harus terus ditingkatkan,” katanya.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda.

“Upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia, harus mendapat dukungan dari semua pihak,” tegasnya.

Salah satunya upaya peningkatan kualitas SDM adalah melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan oleh peserta didik pendidikan vokasi dibawah naungan Kementan. PKL bertujuan untuk menjembatani keilmuwan teoritis dan terapan yang dilakukan oleh siswa dan mahasiswa.

Hal yang dapat memperkuat peranan dari tujuan PKL adalah dasar pelaksanaannya. UU Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi.

Salah satu bukti peran generasi muda dalam mendukung keberlangsungan sektor pertanian tidak berhenti yaitu dengan kegiatan PKL. SMKN 8 Kabupaten Bulukumba menerjunkan 12 siswa dari Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan guna melaksanakan peningkatan kompetensi dalam PKL di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa sejak 7 Juni hingga 30 Agustus 2021.

Kegiatan siswa selama PKL di Polbangtan Gowa yakni menerima materi dan praktik mengenai dasar-dasar budidaya tanaman dan K3, Alat dan mesin pertanian, pembiakan tanaman, persiapan lahan dan penanaman tanaman perkebunan, pembibitan dan kultur jaringan tanaman perkebunan, pemeliharaan & pengelolaan tanaman perkebunan, panen dan pasca panen tanaman perkebunan, dan pemetaan lahan di bawah bimbingan dosen dan PLP Polbangtan Gowa.

“Kami mengucapkan terima kasih telah diterima di Polbangtan Gowa dan berharap tahun-tahun berikutnya Polbangtan Gowa bersedia menerima siswa kami untuk prakerin di Polbangtan Gowa,” ujar Guru SMKN 8 Bulukumba.

Selanjutnya H. Aziz selaku Ketua UPPM mengatakan, belajar lebih giat untuk meningkatkan keterampilan jangan cepat puas dan semoga apa yang didapat selama PKL ini dpt bermanfaat. Kementerian Pertanian sekarang banyak program-program yang ditujukan bagi anak muda milenial jadi teruslah berinovasi di bidang pertanian.

0
  Related Posts
  • No related posts found.