Polbangtan Kementan Tingkatkan Peran Perempuan Melalui Pemberdayaan Dharma Wanita Persatuan (DWP)

Bagikan Info

 

Gowa – Peran perempuan sangatlah penting dalam unsur pembangunan nasional. Oleh Karena itu perlu adanya motivasi dan langkah strategis dalam mengintegrasikannya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan menyampaikan tentang perlunya peran perempuan dalam hal ini khususnya Ibu-bu  Dharma Wanita Persatuan (DWP) lingkup Kementerian Pertanian.

Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan DWP Kementerian Pertanian. “ Perempuan itu care, share dan fair, sehingga organisasi Dharma Wanita itu sangat penting sebagai supporting system di Kementerian Pertanian” Ucap SYL.

Menindaklanjuti arahan Mentan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Pebangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengadakan kunjungan ke P4S Bumiaji Sejahtera pada Rabu (13/07).

P4S Bumiaji adalah salah satu Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dan mitra kerja Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang. Diketuai oleh Rahmat Hardianto P4S Bumiaji ini mengangkat kearifan lokal Desa Bumiaji berupa hasil pertanian organic seperti jambu Kristal, sayur kale atau Brassica oleracea acephala, jeruk lemon dan berbagai olahan dari jambu, jeruk lemon dan sayur kale.

Kunjungan tersebut adalah merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Pembinaan Anggota DWP lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian, dalam rangka mendukung program kerja Badan PPSDMP serta dalam memberikan motivasi, mendukung kinerja para suami agar tetap produktif terutama dalam penerapan ASN Berakhlak.

Rangkaian kegiatan pembinaan yang digelar selama 4 hari tersebut berpusat di Brizantha Convention Hall Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu tersebut, dihadiri oleh Ketua  DWP  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Ibu Ai Dedy Nursyamsi dan Ketua DWP Lingkup Pusat Pelatihan Pertanian, Ketua DWP Lingkup Pusat Pendidikan serta Ketua DWP Pusat Penyuluhan selama.

Pada kesempatan ini, Ketua DWP BPPSDMP, Ibu Ai Dedy Nursyamsi memberikan arahan tentang pentingnya peran istri dalam mensupport suami dalam menjalankan tugas sehingga apa yang telah dikerjakan dan didedikasikan dalam tugas memperoleh hasil yang positif.

Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh DWP, mulai dari kegiatan bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lain-lain. Ibu Ai menyampaikan bahwa meskipun suami telah purna tugas, namun apabila masih berada di kota yang sama maka diharapkan untuk tetap bergabung atau aktif sebagai anggota “untuk DWP tidak ada kata pensiun” Ujar Ai.

“Silahkan senantiasa berkoordinasi dengan kantor, namun tetap harus mandiri dan jangan menggangu atau merecoki kantor” tutup Ai di akhir arahannya.

Pada saat kunjungan ke P4S Bumiaji, Ibu-ibu Peserta DWP secara langsung melihat proses sortasi jambu Kristal, serta berbagai olahan sayur kale segar dan kering.

Kegiatan pengolahan tersebut juga telah memberdayakan masyarakat tani setempat untuk bergabung dalam usaha pertanian. Menurut Ketua P4S Bumiaji Rahmat Hardiyanto, setiap kali panen tak kurang terkumpul sebanyak 350 kg jambu kristal. Kemudian hasil panen ini dipilah menjadi tiga kelas atau grade. Untuk grade A yang merupakan kualitas terbaik dijual ke retail atau toko modern.

“Jambu kristal dengan grade C kita gunakan sebagai bahan rujak shake atau rujak yang dikocok dalam wadah dan dibumbui. Dengan diolah seperti ini nilai jual jambu kristal dengan grade C bisa naik hingga 300 persen,”jelas Hardiyanto.

 

Ibu-Ibu Dharma Wanita Nampak antusias dan tertarik untuk mengetahui lebih dalam varietas jambu kristal, resep rahasia membuat olahan pastry, rujak shake serta cara pembudidayaan kale dan olahan yang dihasilkan.

Ketua DWP Polbangtan Gowa, Hj. Syamsuriati mengatakan bahwa kegiatan kunjungan tersebut perlu ditindaklanjuti bersama anggota DWP Polbangtan Gowa.

“Momen atau kegiatan semacam ini perlu ditindaklanjuti karena dapat menambah wawasan anggota DWP sehingga kinerjanya dapat meningkat dalam mendukung karier suami dalam rangka mensukseskan program utama kementan khususnya badan SDM Pertanian” Ujar Syamsuriati.

Dalam rangkaiannya selain ke P4S Bumiaji kegiatan pembinaan ini juga mengunjungi beberapa tempat seperti BBPP Ketindan dan sentra pembuatan aneka keripik sayur di CV. Arjuna Flora.


Bagikan Info