Berita

Produksi Sendiri, Polbangtan Gowa bagi Tips Membuat Hand Sanitizer dan Desinfektan

Posted by:

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa memproduksi sendiri hand sanitizer dan desinfektan untuk pencegahan penyebaran virus corona Covid-19. “Produksi ini kami lakukan sendiri setelah mendapatkan arahan dari Direktur Polbangtan Gowa, Dr. Syaifuddin ungkap Ikhlas Arsul yang merupakan staf Polbangtan Gowa yang berijazah Farmasi. (18/03).

Ikhlas mengatakan bahwa bahwa hand sanitizer dan desinfektan saat ini sudah langka, bahkan untuk alcohol saja ditoko alat kesehatan penjualannya sudah dijatah per orang hanya diperbolehkan membeli maksimal 1 liter saja.

Atas arahan Direktur, Hand Sanitizer dan Desinfektan ini akan dibagikan kebeberapa tempat yang dianggap perlu. Desinfektan juga akan disemprotkan keruangan-ruangan.

“Ketika Hand Sanitizer dan Desinfektan menjadi semakin langka, masyarakat bisa membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia, jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir.” kata Ikhlas.

Berikut adalah pentunjuk untuk membuatnya.
Bahan

  1. Isopropil Alkohol
  2. Hidrogen peroksida 3%
  3. Gliserin
  4. Carbomer
  5. TEA
  6. Aquadest

Cara pembuatan

  1. Pembuatan gel
    Sebanyak 400 mg carbomer dilarutkan dgn 50 ml aquadest panas kemudian diaduk dengan magnetik stirer selama 15 menit (500 rpm, suhu 70°C). Tambahkan TEA 2 ml dan Gliserin 3 ml sedikit demi sedikit lalu cukupkan dengan aquadest hinggal 100 ml.
  2. Pembuatan HS
    Sebanyak 700 ml isopropil alkohol dimasukkan dalam beker gelas kemudian ditambahkan 41 ml hidrogen peroksida dan gliserin 15 ml. Tambahkan gel yang telah dibuat tadi kemudian aduk dengan kecepatan 500 rpm. Tambahkan pewarna dan pengaroma secukupnya. Cukupkan volumenya dengan aquadest hingga volume 1000 ml.

Desinfektan
Bahan

  1. Natrium hipoklorit
  2. Hidrogen peroksida 50%
  3. Benzalkonium Clorida
  4. Clorin

Cara pembuatan
Formula A
Larutkan Natrium Hipoklorit sebanyak 32 gram dilarutkan dalam 100 ml aquadest, larutkan hidrogen peroksida 50 ml kedalam 250 ml aquadest. Campurkan larutan Natrium hipoklorit dan larutan hidrogen peroksida kemudian aduk hingga homogen. Tambahkan aquadest hinggal 1000 ml dan aduk hingga homogen.

Formula B
Larutkan sebanyak 1,5 gram Benzakonium klorida dalam 100 ml aquadest. Larutkan 8 gram clorin dalam 250 ml aquadest.

Campurkan larutan benzalkonium klorida dengan larutan clorin kemudian aduk hingga homogen. Tambahkan aquadest hinggal 1000 ml lalu aduk hingga homogen.

Isopropil alkohol mengandung 99% alkohol, sebagai antiseptik biasanya digunakan dengan kadar 60-70%. Natrium hipoklorit juga digunakan sebagai antiseptik dan desinfektan. Gliserin sendiri berfungsi sebagai humektan yg mencegah kekeringan kulit yg diakibatkan penggunaan alkohol. Carbomer dan TEA merupakan bahan pembentuk gel.

Desinfektan formula B cocok digunakan untuk kandang atau daerah lembab. Karena kandungan clorin yg dapat bertahan lama dan efektif pada kondisi lembab, ditambah benzalkonium clorida yg merupakan golongan amonium quaertener sangat efektif pada daerah yg mempunyai kadar amoniak cukup tinggi.

Kombinasi keduanya efektif terhadap bakteri spektrum luas, jamur, spora, dan virus.

0
  Related Posts
  • No related posts found.