Berita

Program Regenerasi Petani Kementan Diapresiasi Bupati Bone

Posted by:

Dengan memanfaatkan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS), Kementerian Pertanian, bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD), terus melahirkan wirausaha milenial di bidang pertanian. Upaya ini mendapatkan dukungan di Bone.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Kementerian Pertanian akan terus menyiapkan generasi muda terjun sebagai petani milenial yang siap membangun Indonesia. Petani milenial yang berjiwa wirausaha pertanian.

“Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian. Salah satunya adalah YESS yang merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD),” tuturnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi.

“BPPSDMP turut berperan menumbuhkan petani milenial melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS),” jelasnya.

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi tempat pelaksanaan program YESS dan Politeknik Pembangungan Pertanian (Polbangtan) Gowa ditunjuk sebagai PPIU (Provincial Project Implementation Unit) dengan lingkup kegiatan meliputi 4 Kabupaten yaitu, salah satunya Kabupaten Bone.

Bappeda Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan forum pemangku kepentingan tingkat Kabupaten (District Multi Stakeholder) untuk meningkatkan koordinasi dan dukungan nyata dalam mengembangkan kegiatan ekonomi produktif untuk generasi muda di Hotel Helios, Rabu, 27 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bone, Direktur Polbangtan Gowa, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Pimpinan Perbankan Kab. Bone, Camat Kabupaten Bone, Ketua HIPMI, Ketua KNPI, Pemuda tani milenial Kabupaten Bone, KTNA kabupaten Bone, Penerima Dana Hibah.

Direktur Polbangan Gowa, Syaifuddin, dalam sambutannya bahwa sejalan dengan program kementerian pertanian yakni pemenuhan pangan untuk 273 juta rakyat indonesia, mencetak 2,5 juta wirausaha muda pertanian dalam jangka waktu 5 tahun, Kostratani.

Melalui program YESS menggali potensi serta menggembangkan potensi pemuda melalui penyediaan fasilitasi dan bimbingan guna menjadi petani atau wirausahawan muda.

“Kabupaten Bone memiliki potensi potensi komoditas pertanian, saya yakin akan lahir banyak petani muda milenial serta wirausaha pertanian milenial untuk terjun di bidang pertanian punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih menjanjikan dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang ada,” ujarnya.

Kegiatan forum pemangku kepentingan tingkat Kabupaten (District Multi Stakeholder) dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Bone Andi Baso Fahsar.

Beliau juga mengapresiasikan program kementan dalam upaya regenerasi petani dan bangga atas terpilihnya kabupaten Bone sebagai salah satu lokasi sasaran program YESS.

Pemilihan Kabupaten Bone sebagai sasaran lokasi program YESS didukung dengan prestasi dan potensi pertanian yang patut diperhitungkan.

“Salah satu upaya regenerasi petani milenial dengan memberikan support terhadap petani muda milenial untuk berkreasi agar bisa berproduksi dengan memanfaatkan teknologi inovasi. Dengan potensi pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Bone diharapkan mampu mengangkat perekonomian di Kabupaten Bone,” ujarnya.

Selain itu Bupati Bone berharap bahwa pengembangan sektor lainnya juga perlu seperti di sektor peternakan melihat kondisi potensi peternakan di Kabupaten Bone memiliki prospek pengembangan peternakan ke depan sangat potensial.

Acara District Multi Stakeholder dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana hibah kepada 25 petani muda milenial yang diserahkan langsung oleh Bupati Bone di dampingi oleh Direktur Polbangtan Gowa dan penyerahan atribut YESS.

0
  Related Posts
  • No related posts found.