Semarak HUT RI ke-77, Polbangtan Kementan Gelar Aksi Tanam Pohon

Bagikan Info

GOWA – Fenomena perubahan iklim telah terjadi dan semakin signifikan di Indonesia, bahkan dunia. Hal tersebut menyebabkan pergantian musim yang tidak dapat ditebak dalam setiap tahunnya. Dampak perubahan iklim tersebut dirasakan pada seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pertanian. Bahkan, pertanian adalah sektor utama yang merasakan dampak dari perubahan iklim tersebut karena bertumpu pada siklus air dan cuaca untuk menjaga produktivitasnya.

Cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global adalah dengan menanam pohon. Oleh karena itu memanfaatkan momen perayaan HUT RI ke-77 Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memerintahkan kepada seluruh eselon 1 yang berada di bawah Kementerian Pertanian untuk melakukan aksi menanam pohon baik di kantor maupun lingkungan sekitarnya.

“Penanaman pohon ini sebagai langkah revitalisasi alam, peningkatan produktivitas lahan, mitigasi bencana dan perubahan iklim juga untuk mendorong terciptanya sumber ekonomi dan kemandirian masyarakat yang hasilnya dapat dinikmati bersama,” terang SYL.

Menindaklanjuti arahan Mentan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi telah memerintahkan seluruh UPT BPPSDMP untuk serentak melakukan aksi menanam pohon.

“Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggung jawab, dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam. Karena kegiatan ini tidak hanya selesai sampai di sini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” kata Dedi.

Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin saat melakukan aksi penanaman pohon menyampaikan bahwa aksi ini merupakan rangkaian acara untuk menyemarakkan hari kemerdekaan RI ke-77.

“Aksi penanaman 77 pohon ini merupakan rangkaian acara untuk menyemarakkan hari kemerdekaan atas arahan langsung Menteri Pertanian” ujar Syaifuddin.

Aksi Penanaman pohon dilakukan di dua kampus Polbangtan yaitu di Gowa dan di Bone pada jumat 12 Agustus 2022. Menurut Syaifuddin ada tiga jenis pohon yang ditanam yaitu mangga, rambutan dan durian. Sedangkan alasan pemilihan jenis tanaman ini menurutnya selain dapat bermanfaat terhadap penghijauan lingkungan, juga dapat diambil manfaat buahnya.

Saat aksi menanam pohon Syaifuddin menambahkan bahwa untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebersamaan pegawai pada momen HUT RI ke-77, Polbangtan Gowa juga akan mengadakan berbagai lomba, seperti lomba pembuatan video kreatif, lomba kebersihan asrama mahasiswa, lomba makan kerupuk, lomba masakan, catur dan lain sebagainya pada senin 15 Agustus 2022 di Kampus Polbangtan Gowa.


Bagikan Info