Berita

Siapkan Petani Milenial Handal, Kementan Kukuhkan 310 Mahasiswa Baru di Polbangtan Gowa

Posted by:

Kementerian Pertanian (Kementan) terus memaksimalkan peran vokasi pertanian untuk menyiapkan SDM petani milenial yang handal. Termasuk melalui Polbangtan Gowa yang mengukuhkan 310 mahasiswa baru.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Polbangtan sebagai unit pelaksana pendidikan vokasi dibawah naungan Kementan, menjadi salah satu kekuatan pertanian di masa depan. Khususnya dalam mempersiapkan pertanian untuk lebih maju, mandiri dan modern.

Ditambahkannya, pendidikan vokasi mempunyai peran penting menghasilkan petani milenial berjiwa enterpreneur.

“Saat ini, pendidikan vokasi menjadi jawaban dari tantangan peningkatan kualitas SDM pertanian. Melalui pendidikan vokasi, tidak hanya diajarkan keterampilan dalam pendekatan intelektual tetapi juga sekaligus menyatukan sistem intelektual dengan manajemen orientasi seperti lapangan, dan praktis,” ujarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengungkapkan hal serupa.

“Melalui Polbangtan, PEPI dan SMKPP, Kementan akan terus berupaya untuk menghasilkan sarjana terapan kualifikasi job seeker dan job creator,” katanya.

Salah satu pendidikan vokasi yang akan digenjot Kementan adalah Polbangtan Gowa, yang awal Oktober 2021 mengukuhkan 310 calon mahasiswa baru (camaba), baik yang berada di kampus Gowa maupun kampus Bone.

Mereka terdiri dari terdiri dari 101 camaba program studi DIV penyuluhan dan kesejateraan Hewan, 40 camaba program studi D-III Budidaya Ternak, 118 camaba Program studi penyuluhan pertanian serta 51 camaba program budidaya hortikultura.

Direktur Polbangtan Gowa, Syaifuddin, mengatakan lulusan alumni Polbangtan Gowa diarahkan untuk menjadi job seeker dan job creator yang mampu berwirausaha atau menghasilkan lapangan kerja.

”Saat ini, lapangan pekerjaan semakin sulit, kesempatan untuk menjadi cpns semakin sempit bukan tertutup. Oleh sebab itu lulusan polbangtan Gowa harus berjiwa entrepreneur. Negara yang maju didukun oleh pengusaha-pengusaha sukses di dalamnya,” papar Syaifuddin.

Dijelaskannya, 3 kunci sukses mahasiswa yakni belajar, belajar, dan belajar.

“Di Polbangtan Gowa selain meningkatkan kemampuan secara akademik, minat dan bakat juga dikembangkan baik melalui teaching factory (Tefa) maupun media pembelajaran launnya. Ilmu mudah dicari, tapi etika sangat sulit ditemukan tetapi harus dibina,” tuturnya.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Muh. Irfan Aryawiguna, mengucapkan selamat datang kepada camaba yang akan menjadi bagian dari petani milenial.

Mengutip pernyataan Mentan, Irfan mengatakan, “You’re In The Right Track,” tegasnya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.