Berita

Tingkatkan Kemampuan Pemuda Tani Sulsel, Kementan Gandeng Dinas Pertanian di 4 Kabupaten Lokasi YESS

Posted by:

Upaya Kementerian Pertanian dalam memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian terus dilakukan dengan berbagai upaya antara lain melalui program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). Salah satu provinsi yang menjadi lokasi penerima manfaat program ini adalah Sulawesi Selatan. Mendukung program tersebut Kementan juga menggandeng Dinas Pertanian setempat yang dituangkan dalam bentuk kerjasama.

Salah satunya dilakukan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa yang berada dibawah naungan Kementan dan juga menjadi Provincial Project Implementation Unit (PPIU).

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan antara Polbangtan Gowa dengan Dinas Pertanian dari 4 kabupaten yaitu Kabupaten Bone, Bulukumba, Bantaeng, dan Maros, pada Jumat 18 Juni 2021.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pertanian memiliki banyak sektor usaha yang dapat dikembangkan oleh generasi milenial.

“Saat ini banyak generasi milenial yang sukses menjadi petani dan pengusaha di berbagai sektor pertanian. Mereka mampu mengembangkan usahanya dari hulu hingga hilir. Ini bukti bahwa pertanian merupakan sektor usaha yang sangat menjanjikan untuk masa depan,” tutur Mentan SYL.

Menurutnya jika sektor pertanian dikelola dengan baik dan benar dengan menerapkan cara-cara modern, memanfaatkan kemajuan teknologi maka akan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan beberapa negara berhasil membangun sektor pertaniannya, dikarenakan usaha agribisnisnya.

“Melalui program YESS diharapkan akan meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan hingga pada akhirnya dapat meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian”, ujar Dedi.

Syaifuddin selaku Direktur Polbangtan Gowa pada saat penandatanganan menyampaikan nota kesepahaman ini terkait pelatihan atau Workshop Business Motivation Pathways, Pelatihan Star Up, Pelatihan Keuangan bagi kelompok serta Peningkatan Kapasitas pada Proposal Business.

“Seperti diketahui program YESS tidak memberikan bantuan modal semata tetapi lebih menekankan pada peningkatan kualitas pemuda dipedesaan sebagai penerima manfaat program YESS. Mereka akan kita latih, kita tingkatkan kemampuan dalam berbudidaya hingga mengelola usahanya dalam skala bisnis yang profesional”, terangnya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.