Berita

Tingkatkan Kapasitas Petani, Polbangtan Kementan Gencarkan Pendampingan

Posted by:

Sektor pertanian menjadi andalan dan harapan bahkan tulang punggung pembangunan bangsa. Karena menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia adalah tanggung jawab Kementerian Pertanian.

“Tanggung jawab besar dalam menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia menjadi kekuatan dan spirit besar bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku serta pemerhati pembangunan pertanian,” tegas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Untuk melaksanakan tanggung jawab besar itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi secara khusus menyemangati para penyuluh pertanian. Menurut Dedi, para penyuluh harus bekerja mendampingi para petani agar produktivitas meningkat.

“Fokus BPPSDMP adalah pada pengembangan SDM dan kelembagaan petani yang bertujuan untuk mewujudkan SDM pertanian yang kreatif, inovatif, dan berwawasan global. Caranya dengan memaksimalkan fungsi dan peran BPP,” ucapnya.

Selaku unit pelaksana teknis pendidikan di bawah BPPSDMP, Polbangtan Gowa pun melakukan pendampingan di Desa Towata, Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar pada Senin (27/09/2021). Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari petani, penyuluh dan wanita tani setempat. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen, PLP, Mahasiswa dan Tenaga Teknis dari Polbangtan Gowa.

Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa dalam sambutan menyampaikan bahwa desa binaan merupakan program Polbangtan Gowa yang diusung untuk mewujudkan Tri Dharma pendidikan yaitu pengabdian masyarakat.

“Keberhasilan program ini juga ditentukan oleh seberapa besar partisipasi para petani yang ada di lapangan untuk mengaplikasikan ilmu atau teknologi yang telah kami bagikan,” ucap Syaifudin.

Sedangkan Muh Ikbal Sekertaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar mengatakan bahwa tugas pelaku sektor pertanian adalah meyakinkan para generasi muda bahwa sektor pertanian adalah sektor yang menguntungkan.

“Upaya ini bukan menjadi tugas pemerintah saja tapi juga menjadi tugas kita bersama untuk menyelamatkan sektor pertanian di masa depan. Saya juga berharap Polbangtan Gowa terus melakukan inovasi-inovasi terbaru dan segera menyebarluaskan ke masyarakat untuk memajukan pertanian yang ada di pedesaan” ujar Muh. Ikbal.

Kadistan Takalar juga mengucapkan terima kasih kepada UPPM Polbangtan Gowa karena telah memilih Desa Towata sebagai lokasi desa binaan dari UPPM Polbangtan Gowa. Kedepannya, diharapkan tidak hanya satu desa saja tapi dapat melakukan pembinaan di beberapa desa yang ada di Kabupaten Takalar khususnya Kecamatan Polongbangkeng Utara.

Sebanyak 4 (empat) materi yang disampaikan dalam kegiatan Desa Binaan ini diantaranya adalah materi Pembukaan Bokasi sebagai Pupik Organik, Pembuatan Pestisida Nabati Untuk Pertanian Berkelanjutan, Penetasan Telur Ayam Kampung, dan Pembuatan Kandang Ayam Brooding

Selain melakukan penyuluhan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa 1 unit Pompa Air dan 1 unit mesin tetas telur kepada Kelompok Tani yang diterima langsung oleh Bapak H. Rapi selaku Ketua Gapoktan Desa Towata Kec. Polongbangkeng Utara Kab. Takalar.

Diharapkan dengan bantuan yang diberikan dapat mengoptimalkan dan menunjang produktivitas pertanian masyarakat setempat. Juga sebagai motivasi para petani dalam menerapkan teknologi dalam aktivitas pertanian mereka.

0
  Related Posts
  • No related posts found.