Berita

Tingkatkan Pendapatan, Mahasiswa Polbangtan Kementan Dampingi Poktan Olah Telur Itik

Posted by:

Kementerian Pertanian melalui Polbangtan Gowa turut membantu meningkatkan pendapatan petani.

Termasuk mendampingi poktan melakukan olah telur itik.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meminta jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menggiatkan pengembangan pangan lokal.

Bahkan dirinya meminta pangan lokal Indonesia bisa masuk pasar dunia.

“Begitu banyak inovasi pangan lokal kita yang sudah dikembangkan. Jangan sampai hanya berhenti di lisensi. Harus berlanjut ke pasar dan bisa diekspor. Indonesia memiliki beragam sumber daya pangan lokal. Tapi dibutuhkan riset dan inovasi sehingga pangan lokal bisa diterima oleh masyarakat lokal, maupun mancanegara,” tutur Mentan SYL.

Untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, Kementan terus melakukan pembinaan dan pendampingan pada kelompok tani (poktan) atau gabungan kelompok tani (gapoktan) serta kelompok wanita tani (KWT).

Terpisah Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi juga mengatakan kegiatan pemberdayaan Poktan, Gapoktan, dan KWT selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

Pemberdayaan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada petani agar usahataninya yang berbasis off farm (hilir) berkembang.

“Sehingga pendapatan dan kesejahteraan keluarganya juga meningkat dan dapat sebagai pengungkit peningkatan perekonomian di pedesaan,” ungkap Dedi.

Sebagai kepanjangan tangan dari Kementan, Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Dula Koku, Desa Wailawa, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, NTT.

Kelompok yang beranggotakan ibu-ibu ini telah menerima bantuan ternak itik di lokasi food estate.

Bersama dengan penyuluh, mahasiswa Polbangtan Gowa mendampingi anggota poktan terkait pengolahan telur menjadi abon telur dan telur asin, selain memasarkan telur itik segar.

Respon positif ditunjukkan oleh anggota Poktan Dula Koku sangat terkait materi penyuluhan, materi pengolahan yang diberikan.

Mereka berharap melalui peran aktif mereka di sektor pertanian dapat meningkatkan pendapatan.

0
  Related Posts
  • No related posts found.