UMI Konversi 78 SKS Untuk Pendidikan Lanjut S1 Bagi Mahasiswa D3 Polbangtan Gowa

Bagikan Info

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo selalu menekankan untuk menjalin bekerjasama dalam mensukseskan semua program Kementerian Pertanian.

“Kementan tidak bisa bergerak dan bekerja sendiri. Sebab itu, sangat diperlukan bantuan dari semua stakeholder guna mensukseskan program dalam memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia”.

Senada dengan itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mengharapkan Polbangtan Kementerian Pertanian untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, memperluas kerjasama dengan berbagai pihak sehingga tujuan mencetak mahasiswa professional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha dapat terwujud.

Dalam implementasinya kerja sama ini nantinya akan berperan dalam bentuk dukungan teknis; pengembangan kapasitas kelembagaan; transfer pengetahuan, pengalaman, dan teknologi inovatif; pertukaran pembelajaran; serta platform berbagi informasi/ pengetahuan/ pengalaman dan kolaborasi.

 

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa mendapat kunjungan dari fakultas pertanian Universitas Muslim Indonesia Makassar pada Senin 15 Agustus 2022. Kunjungan diterima lasngsung oleh Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin di ruang rapat Kampus 1 Gowa.

Kunjungan tersebut adalah merupakan tindak lanjut atas MoU yang telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak.

Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin menyampaikan bahwa Polbangtan Gowa sangat terbuka menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan universitas, sekolah maupun perusahaan yang memiliki kepentingan untuk memajukan pendidikan dan tridharma perguruan tinggi.

Menurut Syaifuddin bahwa kerjasama adalah sebuah keniscayaan, karena tidak ada seorangpun yang dapat maju dan berkembang kecuali dengan kerjasama.

Delegasi Fakultas pertanian UMI dipimpin oleh Wakil Dekan 1 dan didampingi oleh Wakil Dekan 2,3 dan 4 serta ketua penjaminan mutu fakultas dan yang lainnya.

Pada kesempatan tersebut syaifuddin menyampaikan bahwa Polbangtan Gowa merupakan kampus vokasi yang focus mencetak petani milenial sebagai upaya mendukung program utama BPPSDMP Kementan yaitu mencetak 2,5 juta petani milenial. Sebab Polbangtan Gowa selain sebagai pencetak job seeker juga pencipta job creator di bidang pertanian.

Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian UMI Mais Ilsan mengatakan bahwa dua angkatan alumni Polbangtan Gowa telah melanjutkan studinya di Fakultas Pertanian UMI.

“Melihat kualitas dan prestasi yang baik alumninya, kami kembali menawarkan kepada mahasiswa terutama D3 untuk melanjutkan S1 nya ke fakultas pertanian UMI. Hampir semua mata kuliah selama menempuh program D3 di Polbangtan Gowa dapat dikonversi di Fakultas Pertanian UMI, sehingga mahasiswa hanya butuh satu tahun lebih untuk menyelesaikan S1 nya di UMI. Adapun prodi yang ditawarkan ada dua yaitu agro teknologi dan agri bisnis”

Selain alumni D3, UMI juga menerima alumni D4 Polbangtan Gowa untuk melanjutkan studi S2 nya, sebab program D4 itu setara dengan S1.

Kepada Wakil Dekan 1 dan para mahasiswa tingkat akhir yang juga turut hadir Direktur Polbangtan Gowa menyampaikan bahwa Ia menawarkan kerjasama pendidikan dan penelitian bersama.

“Polbangtan Gowa mempunyai lahan praktek yang sangat luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk penelitian bersama para mahasiswa. Selain lahan untuk tanaman hortikultura dan pangan, kami juga memiliki lahan perkebunan coklat seluas 9 hektar dengan system irigasi berbasis IoT”. Ujar Syaifuddin.


Bagikan Info