Berita

Wisuda 306 Mahasiswa, Polbangtan Gowa Cetak Enterpreneur Pertanian

Posted by:

Untuk mendorong percepatan pembangunan pertanian, Polbangtan Gowa melakukan wisuda terhadap 306 mahasiswa. Para lulusan ini diharapkan bisa menjadi petani handal dan juga enterpreneur pertanian.

Kegiatan ini diapresiasi Kementerian Pertanian (Kementan) yang terus mendorong mengerakkan generasi milenial untuk beralih dari pola pikir lama dalam bertani dengan mengunakan pola baru yang tentunya kemajuan teknologi dan serta terus berinovasi.

Hal ini juga sejalan dengan semangat Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo (SYL) yang dalam 5 tahun mendatang menargetkan untuk mencetak 2,5 juta petani pengusaha milenial.

“Generasi milenial harus didukung untuk memanjukan sektor pertanian sebagai penerus bangsa khususnya di bidang pertanian,” ungkap Mentan SYL.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) dengan mengoptimalkan kinerja dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan yang berada dalam naungannya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengatakan peran Lembaga Pendidikan vokasi pertanian untuk membentuk SDM pertanian unggulan.

“Kita harus menyiapkan SDM yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri serta mencetak pelaku usaha pertanian andal, kreatif,” katanya.

Salah satu bukti kesuksesan kinerja dari UPT Pendidikan adalah digelarnya wisuda oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa mengelar prosesi wisuda 306 mahasiswa yang terdiri dari 65 mahasiswa Prodi Budidaya Tanaman Hortikultura, 117 mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, 58 mahasiswa Prodi Budidaya Ternak, dan 66 mahasiswa Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Senin, 30 Agustus 2021.

Dalam arahannya, Dedi Nursyamsi, memberikan motivasi kepada wisudawan Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa bahwa proses wisuda bukan merupakan akhir dr perjuangan tapi ini adalah awal perjuangan dalam mengarungi samudra pertanian sesungguhnya.

“Lulusan Polbangtan tentunya sangat berbeda dengan perjuangan pendidikan vokasi lainya. Kalian tentu harus mampu mengatasi permasalahan dan hambatan pertanian dengan baik. Siap dalam hal kemampuan dan kapasitasnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur polbangtan Gowa, Syaifuddin dalam sambutannya menyampaikan lulusan polbangtan gowa dapat diharpakan menjadi job creator dan job seeker untuk itu telah dilakukan berbagai program untuk mencapai pertanian maju.

Pertama melalui sertifikasi dosen dibidang kewirausahaan, kedua mengundang dosen yang bergelut di dunia usaha dan dunia industry, ke empat pelaksanaan PKL/ magang di perusahaan pertanian dan peternakan, kerjasama dengan pemerintah Kabupaten, perguruan tinggi swasta dunia usaha dan dunia industry dan media cetak online dan elektronik.ke lima melakukan FGD dengan membahas kurikulum kewirausahaan.

Dalam acara yang dilaksanakan secara virtual ini, Direktur Polbangtan Gowa, Syarifuddin mengungkapkan dalam mencermati kemajuan teknologi dan informasi yang semakin maju dan modern Polbangtan Gowa secara pasti akan menata berbagai kebijakan manajemen yang arahkan untuk perkembangan teknologi.

“Kami akan membangun lulusan Polbangtan yang mampu bersaing dan mampu terus membangun kompetensi, kemampuan mandiri serta responsif terhadap perkembangan jaman. Selain itu kerjasama pun kami lakukan dengan dunia usaha dan dunia industri dalam menciptakan job creator dan job seeker,” paparnya.

Syarifuddin pun berharap setelah lulus para wisudawan terus menggali kemampuannya, mengasah ilmu, cerdas, berwawasan luas, baik dalam bersikap dan mandiri.

“Jangan merasa puas, bila kalian sudah merasa puas dan merasa sudah cerdas lalu kalian tidak meningkatkan kemampuan kalian, maka kalian akan tertinggal,” pesannya.

0
  Related Posts
  • No related posts found.